Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multimetode untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 PGSD

Melinda Rismawati, Anita Sri Rejeki Hutagaol

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan efektivitas
penerapan perangkat pembelajaran multimetode yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis mahasiswa S1 PGSD pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika SD.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan meliputi proses define,
design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Prodi PGSD STKIP PERSADA
KHATULISTIWA semester VI. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, wawancara, lembar
observasi aktifitas mahasiswa dan dosen, serta soal tes. Produk yang dihasilkan: LKM dan Buku ajar
multimetode; serta soal tes. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, koefisien validitas diatas 4 poin,
aktifitas mahasiswa lebih dari 5%, aktivitas dosen sangat baik dan tanggapan mahasiswa diatas 80%
dan pemahaman konsep meningkat 23%, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siawa SMP Melalui

Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal of Mathematics

Education and Science. 2(1): 1-10.

Eggen, P.D & Kauchak, D.P. (1996). Strategy for Teachers Teaching Content and Thinking Skill.

Boston : Allyn and Bacon.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan

Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Kemp, J.E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Asril Marjohan. Penerjemah. Bandung: ITB

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics.

Washington DC: National Academy Press.

Koicu, B., Harel, G. & Manaster, A. (2013).Ways of thinking associated with mathematics

teachers’problem posing in the context of division of fractions. Instr Sci, 41: 681-698.

Lambertus. (2016). Developing Skills Understanding of Mathematical High School Student.

International Journal of Education and Research. 4(7): 315- 326.

Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman

Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan

Matematika Paradikma. Vol 6 (2).

Murizal, A., Yarman., Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran

Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 19-23.

Permana, D. (2013).Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Guru SD di Pasir Jambu- Kabupaten

Bandung. Jurnal Pendidikan. 14(1):11-21.

Pratama, M.A; Amin, M.; Suarsini, E. (2016). Pengembangan Buku Ajar MAtakuliah Bioteknologi

Universitas Jember. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(10):19871992.

Rafiah, H., dkk. (2018). Pseudo Thinking of PGSD Students Zero Number Operations. Math Didactic:

Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 11-20.

Rismawati, M & Hutagaol, A.S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 4(1):

-105.

Srigati, N. (2015). Penggunaan Multimetode untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata

Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Satuan Waktu Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri

Kendat . Jurnal PINUS. 1(2): 153-164.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children. US: University of Indiana.

Tuna, A. (2013). A Conceptual Analysis of the Knowledge of Prospective Mathematics Teachers

about Degree and Radian. World Journal of Education, 3 (4), (Online), www.sciedu.ca/wje,

diakses tanggal 12 Juni 2018.

Walle, J.A.V.D. (2007). Elementary and Middle School Mathematics. USA: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.