Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Dan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Belajar

Aryunaning Wahyu Pristanty, Sanusi Sanusi, Ika Krisdiana

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op
lebih efektif daripada model kooperatif tipe Realistic Mathematic Education terhadap prestasi belajar
matematika; 2) apakah terdapat pengaruh gaya belajar audiotori, visual, dan kinestetik terhadap prestasi belajar
matematika; 3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi
belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel
menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Wungu yang berjumlah 2 kelas dengan 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes
prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji variansi dua jalan. Hasil penelitian dengan 𝛼 = 0,05
menunjukkan bahwa: 1) 𝐹
𝑜𝑏𝑠
= 0,7257 < 𝐹
𝛼
= 4,08 sehingga 𝐻
𝑜𝐴
diterima, yang berarti model pembelajaran
tidak lebih efektif terhadap prestasi belajar siswa. 2) 𝐹
𝑜𝑏𝑠
= 0,50293 < 𝐹
𝛼
= 3,23 sehingga 𝐻
𝑜𝐵
diterima, yang
berarti gaya belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 3) 𝐹
𝑜𝑏𝑠
= 1,008 < 𝐹
𝛼
= 3,23 sehingga
𝐻
𝑜𝐴𝐵
diterima, yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi
belajar siswa.
Kata kunci : Co-op Co-op, RME, Gaya belajar, Prestasi


Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penenlitian. Surakarta: UNS Press.

Efendi, C., & Puput Wanarti, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif

Tipe Co-op Co-op dengan Pendekatan Open-Ended pada Standart Kompetensi Memperbaiki CD

Player di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro. Tahun, 1, 10. (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2028)

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar Pembelajaran. Yogyakarta: Sukses Offset.

Noviari, N. L. P., Kristiantari, M. R., & Putra, I. K. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op

Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Abiansemal. MIMBAR

PGSD Undiksha, 2(1). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2231) Shoimin,

A. (2014). 68 Model Pembelajaran invotatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun SKRIPSI, TESIS, dan DISERTASI. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan {Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D}. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Th. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta:

Sinar Grafika Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.