Kajian Etnomatematika Pada Rumat Adat Taneyan Lanjeng
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji nilai matematis pada rumah adat Taneyan Lanjang yang berkaitan
dengan pembelajaran matematika. Pada Masyarakat yang menemapti rumah adat taneyan lanjeng
menunjukkan bahwa masyarakat dahulu sudah mampu mengaplikasikan konsep-konsep matematika dalam
kehidupan sehari-harinya. Selain itu, matematika sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam
kehidupan masyarakat masa lampau. Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian
kualitatifetnografi.Etnografi digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menganalisis unsur
kebudayaan suatu masyarakat atau suku bangsa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
Pengumpulan data pustaka dan Pengumpulan data di lapangan terdiri dari tiga bagian yakni wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penafsiran
data dan temuan penelitian serta penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah konsep-konsep
geometri yang terkandung Rumah adat taneyan lanjheng.
Full Text:
PDFReferences
Budiarto, M.T., (2016), Peran Matematika dan Pembelajarannya dalam Mengembangkan Kearifan
Budaya Lokal untuk Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa, Makalah disajikan pada Seminar
Nasional Pendidikan Matematika 2016, pada tanggal 28 Mei 2016 di Universitas Madura,
Pamekasan.
D’Ambrosio, U. (1990). Etnomatemática [Ethnomathematics]. São Paulo, SP, Brazil: Editora Ática.
Gay, G. (2000). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. New York, NY: Teachers
College Press.
Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American Educational
Research Journal, 32(3), 465-491.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2006). Abordagens atuais do programa etnomatemática: delinenando-se um
caminho para a ação pedagógica [Current approaches in the ethnomathematics as a program:
Delineating a path toward pedagogical action]. BOLEMA, 19(26), 19-48.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2008). Ethnomathematics and cultural representations: Teaching in highly diverse
contexts. Acta Scientiae - ULBRA, 10, 27-46.
Tulistyantoro, Lintu. (2005) Makna Ruang pada Tanean Lanjang di Madura. Dimensi Interior,
Volume 3 Nomor 2 Tahun 2005: 137-152.
Wijayanti, Pradnyo. (2009). Matematika dalam Kegiatan Sehari-Hari Masyarakat Berpendidikan Rendah.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (Online).
(http://eprints.uny.ac.id/12298/), diakses 12 Nopember 2016.
Wirjoprawiro, Zein Mudjiono. (1989) Arsitektur Tradisional Sumenep Madura. Surabaya: Bina Ilmu
Zayyadi, Moh. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Jurnal Sigma, Universitas Madura,
(2), 36-40.
Refbacks
- There are currently no refbacks.