PROFIL PEMAHAMAN SISWA SD YANG BERKEMAMPUAN TINGGI PADA MASALAH KALIMAT MATEMATIKA

Enny Listiawati

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemahaman siswa SD yang berkemampuan tinggi pada masalah kalimat matematika. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas V SD yang terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Metode penelitian ini adalah dengan tes dan wawancara terhadap subjek. Adapun hasil penelitian ini adalah pemahaman subjek perempuan pada komponen Interpreting  subjek menginterpretasikan kalimat pada soal dengan menggunakan kalimat yang sama dengan soal tidak menggunakan kalimatnya sendiri. Pada komponen summarizing  subjek tidak meringkas kalimat pada soal dan tidak membuat notasi matematika. Pada komponen  Inferring subjek menyimpulkan hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal. Pada komponen explaining subjek menjelaskan setiap langkah penyelesaian soal tidak terperinci karena subjek lupa dan hanya mengarang ketika mengerjakan soal. Pemahaman subjek laki-laki pada komponen Interpreting subjek menginterpretasikan kalimat pada soal dengan menggunakan kalimat yang sama dengan kalimat pada soal tidak menggunakan kalimatnya sendiri. Pada komponen summarizing subjek meringkas kalimat pada soal akan tetapi tidak lengkap dalam menjelaskan dan tidak membuat notasi matematika. Pada komponen Inferring subjek menyimpulkan hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal. Pada komponen explaining subjek menjelaskan setiap langkah penyelesaian soal secara terperinci dengan disertakan alasannya.    


Full Text:

PDF

References


Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching and Assessing: A Revision Of Blooms Taxonomy Of Educational Objectives. New York: Longman.

Langeness, J. (2011). Methods To Improve Student In Solving Math Word Problems. Dipetik September 24, 2015, dari www.hamline.co.iv

Listiawati, E. (2016). PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MASALAH KALIMAT MATEMATIKA. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 26-35.

Mar'ati, S. F. (2008). Dasar-Dasar Perilaku Individu Dalam Organisasi. Dipetik November 12, 2015, dari www.isjd.pdii.lipi.go.id/jurnal/1108114.pdf

Minggi, I. (2010). Proses Intuisi Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Perbedaan Gender.Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nugrahaningsih, K. T. (2008). Profil Metakognisi Siswa Kelas Akselerasi dan Akselerasi SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pearce, D. L., Bruun, F., Skinner, K., & Mohler, C. L. (2013). What Teachers Say About Student Difficulties Solving Mathematical Word Problem in Grade 2-5. International Electronic Journal of Mathematic Education Vol 8 No. 1, 3-19.

Seifi, M., & et all. (2012). Recognition Of Student's Difficulties In Solving Mathematical Word Problems From The Viewpoint Of Teachers. Journal Of Basic and Applied Scientific Research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.