Pengaruh Trust Dan Shopping Experience Terhadap Perilaku Belanja Online Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fkip Angkatan 2020 Universitas Pgri Madiun)
Abstract
Perilaku belanja online merupakan cara konsumen berinteraksi, mencari informasi, dan melakukan transaksi melalui platform e-commerce. Belanja online memerlukan trust lebih karena tidak mudah untuk membangun kepercayaan antara penjual dan pembeli. shopping experience juga memiliki potensi untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian kembali. Tujuan dari penelitian yaitu 1) Mengetahui apakah trust berpengaruh terhadap perilaku belanja online, 2) Mengetahui apakah shopping experience berpengaruh terhadap perilaku belanja online, Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa FKIP Angkatan 2020 Universitas PGRI Madiun pengguna shopee sebanyak 85 mahasiswa. Sampel sebanyak 70 responden yang diambil mengacu pada rumus slovin. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh trust berpengaruh terhadap perilaku belanja online dengan t hitung sebesar 3,938 2) Ada pengaruh shopping experience terhadap perilaku belanja online dengan t hitung sebesar 4,689.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, D., & Putra, A. R. (2022). Pelngalaman Pelngguna, Kelamanan Transaksi, Kelmudahan Pelnggunaan, Kelnyamanan, Dan Pelngaruhnya Telrhadap Pelrilaku Pelmbellian Onlinel Selcara Impulsif. Rellasi: Jurnal Elkonomi, 18(1), 26–45.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018a). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Jrmsi) |, 9(2), 2301–8313. Https://Doi.Org/10.21009/Jrmsi
Indani, F. T., Andriani, J., & Wahyuningsih, A. (2023). Pelngaruh Kelpelrcayaan Telrhadap Onlinel Relpurchasel Intelntion: Intelrmeldiary Trust Dan Selllelr Trust. Jurnal Elkonomika Dan Bisnis, 3(3), 396–403.
Mambu, T. R., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce Shopee Di Kota Tondano. Productivity, 2(1), 79–84.
Novrian, T., & Rizali, R. (N.D.). Pelngaruh Orielntasi Bellanja Dan Kelpelrcayaan Konsumeln Telrhadap Pelrilaku Bellanja Onlinel.
Nugraha, J. P. (2021). Telori Pelrilaku Konsumeln (A. Jibril, Eld.). Pt. Nasya Elxpanding Managelmelnt.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.]). Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Sari, N. E., & Berlianantiya, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online Pada Gen-Z Di Universitas Pgri Madiun. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 10(2), 179-184.
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pelngaruh Kelpelrcayaan Konsumeln Telrhadap Kelputusan Pelmbellian Selcara Onlinel. Wintelr Journal: Imwi Studelnt Relselarch Journal, 1(1), 41–52.
Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial Dan E-Commerce.
Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Refbacks
- There are currently no refbacks.