Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Wisata Terhadap KepuasanPengunjung Di Museum Trinil

Ervi Aulia Rahma, Ninik Srijani, Wikanso Wikanso

Abstract


Museum Trinil merupakan salah satu situs paleoantropologi dimana keberadaannya tidak hanya berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian, tetapi juga sebagai destinasi wisata ilmiah yang menarik minat dari berbagai ka- langan. Eksistensi Museum Trinil sebagai destinasi wisata membutuhkan perhatian yang dapat dicapai melalui kepuasan pengunjung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan citra wisata terhadap kepuasan pengunjung di Museum Trinil menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari 80 responden dengan mengandalkan teknik pengambilan in-cidental sampling dan menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk mengevaluasi hub-ungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Museum Trinil dengan nilai signifikansi sebesar 0,027. Pada variabel citra wisata tidak ditemukan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai sebesar 0,435. Secara simultan, kualitas layanan dan citra wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung nilai sebesar 0,001. Temuan ini menyoroti pentingnya ma-najemen museum untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pengunjung, serta untuk memperkuat citra wisata Museum Trinil sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan pengunjung. Implikasi praktis dari penelitian ini relevan dalam konteks pengelolaan destinasi pariwisata, di mana peningkatan kepuasan pengunjung dapat berdampak positif pada pengembangan, promosi, dan keberlanjutan Museum Trinil. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung di Museum Trinil, dan memberikan panduan praktis bagi pengelola dalam meningkatkan pengalaman pengunjung dan memastikan keberlanjutan destinasi wisata yang berharga ini.

Keywords


kualitas layanan, citra wisata, kepuasan pengunjung.

Full Text:

PDF

References


Adam, K. A. (2022). Pengaruh E-Word Of Mouth dan Citra Wisata Terhadap Niat

Berkunjung Pada Wisata Pantai Firdaus Kecamatan Kema. Jurnal EMBA, 10(4),

–1204.

Aksoy, R., & Kiyei, Ş. (2011). A destination image as a type of image and measuring

destination image in tourism (Amasra Case). European Journal of Social

Sciences, 20(3), 478–488.

Simamora, Bilson. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif &

Profitabel. PT Gramedia Pustaka Utama

Apriliyanti, Ester., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya

tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra

niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen,

(1), 145–153. Retrieved from

http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Idrus, Salim Al. (2019). Kualitas Layanan Dan Keputusan Pembelian : Konsep & Teori.

Media Nussa Creative

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan KepuasanPelanggan. Unitomo Press.

Irawan, Handi. (2011). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia

Kencana, J. G., & Facrureza, D. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat

Berkunjung di Museum Sejarah Kota Tua Jakarta. … , Digital &CreativeArts

and Event, 1, 78–88. Retrieved from https://ojsinspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/13%0Ahttps://ojsinspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/download/13/10

Paiman. (2019). Korelasi Dan Regresi Ilmu-Ilmu Pertanian. Retrieved from

http://repository.upy.ac.id/2068/1/paiman.pdf

Riyono, M. R., Sulistiowati, & Churniawan, A. D. (2016). Analisis Pengaruh Website

Stikom Institutional Repositories ( Sir ) Pada Institut Bisnis Dan. Jurnal Sistem

Informasi Universitas Dinamika (JSIKA), 5(12), 1–10.

Rodliyah, L. (2021). Pengantar Dasar Statistika. Jombang: LPPM Unhasy Tebuireng.

Safitasari, C., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Promosi dan Citra

Destinasi Terhadap kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung. Management

Analysis Journal, 6(3), 311–319. Retrieved fromhttp://maj.unnes.ac.id

Salamah, P., Sawitri, D., & Rahman, Y. (2017). Kepuasan Pengunjung Terhadap Sarana

Dan Prasarana Wisata Di Kimal Park Bendungan Tirtashinta Wonomarto.

Journal Of Planning and Policy Development, 0(0), 1–18.

Sangkaeng, S., Mananeke, L., & Oroh, S. G. (2020). Pengaruh Citra, Promosi Dan

Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek

Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1089–1100.

Septiandari, W., dkk. (2021) Pengaruh Citra Destiasi Wisata Dan Kualitas Layanan

Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Tiga Warna. Competence : Journal

of Management Study

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung

: Alfabeta

Sukmamedian, H., & Nensi Lapotulo. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Pengunjung Di Museum Nasional Jakarta. Jurnal Mekar, 1(1), 34–

https://doi.org/10.59193/jmr.v1i1.20

Utami, N. D., & Ferdinand, A. T. (2018). Analisis Peningkatan Minat Berkunjung Kembali

Pada Wisatawan Melalui Citra Wisata Dan Nilai Budaya (Studi Pada Kota

Kuningan, Jawa Barat). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal

of Marketing Science), 17(3), 207.https://doi.org/10.14710/jspi.v17i3.207-221

Wibawa, R. P., & Tiarawati, D. A. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan

terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sederhana Abadan Mitra. Equilibrium:

Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/663/595

Zulkarnain. (2017). Ilmu Menjual Edisi 2. Yogyakarta : Expert


Refbacks

  • There are currently no refbacks.