Pengaruh Motivasi Belajar Dan Keaktifan Perkuliahan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Madiun

Dhieta Indah Permata, Ninik Srijani, Maretha Berlianantiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh motivasi belajar dan keaktifan akademik terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode sampel jenuh, yang melibatkan 97 responden dari mahasiswa aktif semester genap tahun ajaran 2023/2024. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (2) pengaruh keaktifan akademik terhadap hasil belajar, dan (3) pengaruh kombinasi motivasi belajar dan keaktifan akademik terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, sebagaimana ditunjukkan oleh penolakan hipotesis pertama. Namun, keaktifan akademik menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan hipotesis kedua diterima. Selanjutnya, kombinasi motivasi belajar dan keaktifan akademik tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis ketiga. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa keaktifan akademik memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, sedangkan motivasi belajar, baik secara individu maupun dalam kombinasi dengan keaktifan akademik, tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi institusi pendidikan untuk lebih fokus pada peningkatan keaktifan akademik mahasiswa guna mencapai hasil belajar yang optimal.

Keywords


motivasi belajar, keaktifan akademik, hasil belajar, mahasiswa, pendidikan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Anggraini, M., & Ahmad, S. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU

TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SD NEGERI DI KECAMATAN

SEMATANG BORANG PALEMBANG. ALIGNMENT:Journal of

Administration and Educational Management, Volume 6, Nomor 2, Juli –

Desember 2023, 453–463.

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE CRH BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD

TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Indonesian Journal Of

Educational Research and Review, 2(2), 240.

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633

Hermanto, W. & Sudiyono. (2021). The Effect of Learning Activity, Teacher Teaching

Skills and Achievement Motivation on the Learning Outcomes of Social Studies

Lessons: 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH

, Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.090

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021).

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Keaktifan Perkuliahan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Madiun (Dhieta Indah Permata)

ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN

VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PUDANIS DI KALIWUNGU).

Solusi, 19(1), 76. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Imam Machali. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. CV Istana

Agency. Khasanah, R. U., & Fitriani, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi

Pengambilan Keputusan Masuk Universitas Muhammadiyah Metro (Studi Kasus

Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2020). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(4),

–922. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i4.1355

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS

DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS.

Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Manggangantung, J., Sabanari, R. P., Tangkulung, G., Kaunang, M., &

Karundeng, J.

(2023). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF KAJIAN TEORI:

ANALISIS KEBIJAKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI

SEKOLAH.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). PENGARUH MOTIVASI

BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

AKUNTANSI. 4(1).

Roos M. S. Tuerah, J. M. T. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori:

Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah.

https://doi.org/10.5281/ZENODO.10047903

Srijani, N. S. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Metode Think Pare Share

Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Kuliah Pengantar Bisnis di Program

Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2019/2020. EQUILIBRIUM : Jurnal

Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(1), 92.

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5890

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. ALFABETA.

Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal

Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.