Pengaruh Self-Efficacy Dan Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar MataPelajaran Ekonomi Peserta Didik Sma Negeri 1 Jiwan

Nuzula Asmawati, Ninik Srijani, Dwi Nila Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap motivasi belajar, (2) mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar, (3) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar ekonomi (4) mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi (5) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi (6) mengetahui pengaruh sel-efficacy dan kesiapan belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumenter. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel sensus atau total. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Fase-E SMA Negeri 1 Jiwan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 74. Data dianalisis menggunakan uji variabel yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis melalui uji Koefisien Determinasi (R2 ), Uji Parsial (Uji-T), Uji Simultan (Uji-F) dan Path Analysis dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, kesiapan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, self-efficacy dan kesiapan belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik Fase-E SMA Negeri 1 Jiwan. Motivasi belajar sebagai variabe intervening mampu memediasi secara sempurna pengaruh self-efficacy dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh self-efficacy dan kesiapan belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik Fase-E SMA Negeri 1 Jiwan.

Keywords


Self-Efficacy, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran Ips

DiMadrasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2).

Andriani, D. N. (2014). Kompetensi profesional guru, motivasi belajar, dan gaya belajar

berpengaruh terhadap pemahaman ekonomi siswa kelas xi ips di sma negeri 1

gondang, nganjuk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 42-56.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar Jakarta:Bumi Aksara.

Lutviana, L., & Suryani, N. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar,

dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata

Pelajaran Ekonomi Di MA NU Raudlatul Muallimin Wedung. Economic Education

Analysis Journal, 4(1), 50–57.

Marcelino, K. (2021). Pengaruh Titip Presensi Terhadap Self Efficacy dan

Pencapaian

Akademik (Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Jurusan Akuntansi Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Mondoringin, Y., Tinno, P., Rompas, D., & Manggopa, H. K. (2024). Pengaruh

Penggunaan

Jaringan Internet dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK N 3

Tondano, 2(2), 37–47.

Sefani, L. L. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar

Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel

Intervening Siswa Kelas Xi Is Sma Negeri 14 Semarang. Economic Education

Analysis Journal, 6(1), 36–46.

Siswanto, H. (2018). Hubungan Kemampuan Menghafal Al Qur’an dan Motivasi Belajar

Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati

Paciran Lamongan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 78-94.

Slameto. (2013) ‘Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya’, Jakarta: Rineka

Cipta.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan

Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama

Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13-22.Manajemen Dan Pendidikan,

(1), 13-22.

Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap

Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 114–

https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307

Sugiyono (2019) ‘Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D)’, Bandung: PT. Alfabeta, p.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi

Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa

Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun PelajaraN 2016 / 2017, 11(2), 103–

Pengaruh Self-Efficacy Dan Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening

Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Sma Negeri 1 Jiwan (Nuzula Asmawati)

Widiarti, E. (2018). Pengaruh motivasi dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar

ekonomi siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Dan

Ekonomi, 7(4), 298–305. Retrieved. From

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/download/10960/105

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan model Creative Problem Solving

untuk

meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di

Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Yunianti, E., Jaeng, M., & Mustamin, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan SelfEfficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Parigi. Mitra

Sains, 4(1), 8-19.

Yulianto, A. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Sma. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia),

(1), 8, https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1099


Refbacks

  • There are currently no refbacks.