Pengembangan E-Modul Berbasis Canva For Education Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Peluang Usaha Kelas XI Tkj Smk Pgri Wonoasri

Riska Puji Widyarti Puji Widyarti, Wikanso Wikanso, Yahya Reka Wirawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis canva for education dan keberhasilan media belajar e-modul dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Wonoasri pada tahun ajaran 2023/2024. penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK PGRI Wonoasri sebanyak 7 orang untuk uji coba terbatas dan 21 orang untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode 4D , yaitu Define, design, develop, dan disseminate.Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumnetasi. Hasil pengembangan e-modul berbasis canva for education untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi peluang usaha kelas XI TKJ SMK PGRI Wonoasri berdasarkan ahli materi memberikan penilaian sebesar 95,8%, ahli media memberikan penilain sebesar 97,6%, validator angket respon guru sebesar 97%, hasil uji coba terbatas memperoleh nilai 76,4% hasil angket respon peserta didik uji coba lapangan memperoleh nilai 81%. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis canva for education yang dikembangakan mempengaruhi tingkat motivasi belajar peserta didik terhadap materi peluang usaha.

Keywords


E-modul, Canva For Education, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran

Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan

Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Asih, S., & Andika, R. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Pegawai dengan Model

Pelatihan & Pengembangan dan Kompensasi: Studi Pada Pegawai UNPAB

Medan. Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 85–100.

http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/download/179/161/

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Dewi Pendit, S. S., Amelia, C., Azizah, A., Pilok, N. A., & Sitepu, M. S. (2022).

Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi

Bunyi bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan

Multikulturalisme, 4(3), 175–191. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Using Canva to Support

Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School

in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media

Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa

Pandemi. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–82.

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5050/3465

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan R&D. Literasi Nusantara.

Ilham, A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada

Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD

Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan ilmu pengetahuan dan

teknologi ( IPTEK ) bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan zam.

Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11.

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2345/1726%0A

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan

Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas.

EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Pinar, R. D. (2019). Analisis Proses Pembelajaran Pendekatan Saintifik dalam

Kurikulum 2013 di Kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar

Nusantara, 5(1), 172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12940

Prayitno, E. (1989). motivasi dalam belajar dan berprestasi. Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Saguni, F., & Amin, S. . (2014). Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman

Sebaya dan Self Regulation terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi

SMP Negeri 1 Palu. ISTIQRA, 2(1), 198–223.

Pengembangan E-Modul Berbasis Canva For Education Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi

Peluang Usaha Kelas Xi Tkj Smk Pgri Wonoasri (Riska Puji Widyarti)

Sardiman. (1990). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27 ed.). Penerbit

Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan

Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih:

Journal Education (MIJOSE), 1(1).

Thiagarajan, Sivasailam, & Others, A. (1974). “Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Indiana Univ., Bloomington.

Center for Innovation In. (Mc).

Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan

Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis

Proyek. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–

https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.

Bumi Aksara.

Widiasworo, E. (2015). 15 kiat sukses membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Ar

Ruzz Media.

Wulandari, D. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided inquiry terhadap

kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA

SMA materi sistem respirasi. Tesis.

Zulfaidhah, Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Analisis Kebutuhan Perangkat

Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan Permasalahan Terkait

Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Bongan Needs Analysis in the

Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7 th Grade

Students. Biodik, 4(1), 48–59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.