Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Menumbuhkan Minat Entrepreneurship Di Smkn 5 Madiun

Marda Hardianti Nawang Wulan, Wikanso Wikanso, Yahya Reka Wirawan Reka Wirawan

Abstract


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu program pada kurikulum merdeka yang diterapkan di satuan pendidikan dengan menunjukkan nilai Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Berkhebinekaan Global, Gotong royong, Bernalar kritis, Mandiri dan Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Minat Entrepreneurship di SMKN 5 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Pembentukan tim fasilitator projek, Penentuan tema projek, dimensi, elemen, dan sub-elemen yang relevan dengan tujuan pembelajaran, alokasi waktu serta penyusunan modul projek dan pelaporan hasil projek (2) Proyek ini berhasil mengintegrasikan nilai - nilai profil pelajar pancasila (P5), khususnya: Dimensi bergotong royong, melalui kolaborasi dan saling bantu dalam menyelesaikan proyek, Dimensi kreatif, dengan mendorong peserta didik menghasilkan karya orisinil dalam mendesain motif batik yang diinginkan dan Dimensi mandiri, melalui pengembangan regulasi diri dan kemampuan mengendalikan aktivitas pengembangan diri dalam menyelesaikan proyek (3) Kendala dipengaruhi oleh faktor internal yaitu Adanya perbedaan antara harapan pemerintah dan kondisi lapangan sedangkan faktor eksternal kesulitan dalam menjaga antusias dan partisipasi aktif sebagian siswa cenderung bersikap pasif dalam bekerja kelompok (4) Meningkatkan partisipatif siswa dengan merancang kegiatan yang dapat mendukung minat entrepreneurship serta perlu meningkatkan sosialisasi dan pelatihan kepada para guru dan kepala sekolah mengenai pentingnya penguatan P5. (5) Mendorong minat entrepreneurship karena dalam pelaksanaan bazzar membantu siswa mengelola keuangan, menghitung laba dan rugi dan mendapatkan pendapatan dari kegiatan jual beli, sedangkan untuk kegiatan membatik diharapkan untuk dapat meningkatkan rasa cinta tanah air terhadap budaya bangsa. Siswa tertarik untuk mendirikan usahanya sendiri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Keywords


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Minat Entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Fahmi Dj, A., Afrizal, A., & Wahyudi, I. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Persepsi

Kontrol, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Whistleblowing Behavior Dengan

Intention Whistleblowing Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Aparatur Sipil

Negara Di Inspektorat Dan Bpkp Perwakilan Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan

Unja, 6(4), 243–252. https://doi.org/10.22437/jaku.v6i4.16366

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada

Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek.

Khoirurrijal, Fadriati, Anisa, M. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, &

Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (I). CV. Literasi Nusantara

Abadi.

Nafaridah, T., Ahmad, A., Maulidia, L., Ratumbuysang, M., & Kesumasari, E. M. (2023).

Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada

Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional

PROSPEK II, Prospek Ii, 84–97.

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan

Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Republik Indonesia.kemdikbud.

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Sari, D. C., & Muthmainnah, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila melalui Kegiatan Membatik Ecoprint. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 7(5), 6005–6016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5266

Sugiyono, P. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta

CV. www.cvalfabeta.com

Teja Insyaf Sukariyadi, Wikanso, W. (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter

Mandiri Peserta Didik Kelas IV Di SDN 03 Widodaren Gerih Ngawi. Elementary :

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol 4. No. 2, April 2024, 4(2), 74–82.

https://jurnalp4i.com/index.php/elementary/article/view/2957

Yahya Reka Wirawan, F. P. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pengalaman Prakerin

Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Kelas Xi Kompetensi Keahlian

Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Pelajaran

/2018. 106–115.

Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota

Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan

Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/LIK, 51(2), 76–87. https://doi.org/DOI:

https://doi.org/10.15294/lik.v51i2.40807


Refbacks

  • There are currently no refbacks.