Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dan Bisnis Di Smkn 5 Kota Madiun

Indriyati Wulandari, Wikanso Wikanso, Maretha Berlianantiya

Abstract


Pemanfaatan kurikulum secara efektif mendorong siswa untuk lebih aktif sehingga pembelajaran berlangsung secara kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kurikulum pembelajaran merdeka terhadap kurikulum ekonomi di SMKN 5 Kota Madiun. Metode penelitian ini meliputi penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah respons sebanyak 57 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Kota Madiun. Data yang dianalisis menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap hasil belajar (Y). Hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan tingkat signifikansi variabel kurikulum sebesar 0,02 < 0,05 dan thitung bernilai 2,294 > 1,673. Temuan penelitian ini sesuai dengan hipotesis H yang menyatakan bahwa kurikulumnya merdeka berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi dan Bisnis siswa SMKN 5 Kota Madiun. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah maka hasil belajar siswa akan meningkat. Pengaruh kurikulum merdeka belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) yaitu sebesar 56,9%.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adi, Y., Irwan, A., & Irfan, A. (2021). YUME : Journal of Management Pengaruh Gaya

Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Abstrak. YUME : Journal of

Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka

terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 73–80.

Fitri, A. A., Rianto, S., & Febriani, T. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka

Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMAN 2 Tilatang Kamang.

Journal on Education, 05, No. 04(04), 17444–17451.

Nugroho, A. D. (2015). Pengaruh Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Fasilitas Sekolah

Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Dan Xii Ips 1 Man 1

Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. The 6 FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan

Akuntansi), 3(2), 1–9.

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based

Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa

Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 503.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Rahmawati, R. F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum

Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. Journal of Economic

Samsudduha, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1

Tanjung Jabung Timur. In Journal of Sport Science and Tourism Activity

(JOSITA) (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.52742/josita.v2i1.19457

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Penerbit

Alfabeta.

Wilujeng Enggar, Sari Erliana Novita, B. M. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis

proyek (project based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa

kelas X otomatisasi perkantoran pada pembelajaran ekonomi dan bisnis di SMK

Negeri 5 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora

(SENASSDRA), 1(2), 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.