Pengaruh Pendidikan Karakter dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis SMKN 5 Madiun Dengan Gaya Belajar Sebagai Variabel Intervening

Andria Febriana, Ninik Srijani, Dwi Nila Andriani

Abstract


Pendidikan karakter merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik dalam proses pembelajarn untuk menunjang hasil belajar ekonomi. Dibantu lingkungan belajar yang mendukung dan gaya belajar yang tepat akan membawa nilai keberhasilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan lingkungan belajar dengan gaya belajar untuk hasil belajar ekonomi mata pelajar ekonomi bisnis SMKN 5 Madiun, dengan metode penelitian kuantitatif dan dibantu dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPPS Statistic versi 25. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dikirimkan melalui grup WhatsApp dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil dua kelas XI BD 1 dan XI BD 2 yang berjumlah 57 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji t variabel pendidikan karakter (X₁) terhadap gaya belajar (Z) diketahui signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Uji t variabel lingkungan belajar (X₂) terhadap gaya belajar (Z) diketahu signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Uji f variabel gaya belajar (Z) terhadap hasil belajar ekonomi (Y) diketahui signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Uji f variabel pendidikan karakter (X₁) terhadap hasil belajar ekonomi (Y) diketahui signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Uji f variabel lingkungan belajar (X₂) terhadap hasil belajar ekonomi (Y) diketahui signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Uji analysis path atau uji jalur variabel pendidikan karakter (X₁) dan lingkungan belajar (X₂) terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan gaya belajar (Z) diketahui signifikansi sebesar 0,050 < 0,05.

Keywords


Pendidikan karakter, lingkungan belajar, hasil belajar ekonomi, gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Andriyansyah, A. (2020). Pengaruh Metode Think Pairs Share Terhadap Hasil Belajar

Pada Pelajaran Ekonomi Di Smea Taqwa Belitang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan

Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 220. Https://Doi.Org/10.31851/Neraca.V4i2.5048

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan

Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di

Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan, 2(12), 1650–1655

Banggo, Y. M. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Bahasa

Indonesia. Volume 11, 74–78

Ghufron, M. Nur Dan S, R. R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik (R. R. Ghufron, M. Nur

Pengaruh Pendidikan Karakter dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Mata

Pelajaran Ekonomi Bisnis (Raden Rara Kartika Dewi)

Dan S (Ed.); Cetakan Ke). Pustaka Pelajar.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil

Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48

Karimah, N. A., & Sunanik. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Ekonomi Dan Lingkungan

Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X.

Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 43–52

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen

Berserta Analisis Statistik Dengan SPSS. In Jurnal Sains Dan Seni ITS (Vol. 6, Issue

.

Raharjo, D. (2023). Pendidikan Karakter Membangun Generasi Unggul Beritregritas (Efitra

(Ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Riduwan, & Sunarto, H. (2019). Pengantar STATISTIKA Untuk Penelitian Pendidikan,

Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (Slameto (Ed.); Cetakan

Ke). Pt Rineka Cipta

Sutarna. (2011). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam.

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis

Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1–4

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa

Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran

Matematika, 10(2), 128–132

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga

Pendidikan. Kencana (Devisi Dari Prenadamedia Group)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.