Peran Pembiayaan Pendidikan Pada Kualitas Pendidikan Sekolah Dan Prestasi Belajar Siswa : Sebuah Tinjauan Pustaka

Rika Dewi Widyaningrum, Lilia Pasca Riani Pasca Riani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pendidikan sekolah dan prestasi belajar siswa. Penelitian yang digunakan berupa studi literatur dan menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Saat ini perkembangan sektor pendidikan masih didukung oleh pemerintah pusat dan juga masyarakat sekitar dengen tujuan guna membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas sebagai proses membangun pembangunan nasional. Permasalahan yang sering peneliti temui, terkadang tanpa adanya dukungan finansial juga dapat mempengaruhi proses pembelajaran seperti halnya tenaga pendidik atau guru sangat jarang yang mau ditempatkan di daerah 3T. Berdasarkan hasil penelitian, pembiayaan pendidikan sangat berpengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan di sekolah dan prestasi belajar siswa.


Keywords


Kualitas SDM, Kualitas Pendidikan, Prestasi Belajar, Pembiayaan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2024). Alokasi Anggaran Pendidikan dalam APBN Indonesia (2015-2024)*. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/26/anggaran-pendidikan-2024-capai-rp665-triliun-rekor-tertinggi-baru

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/JPM.V4I1.14958

Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 468–468. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Mesiono, M., Siregar, M. F. S., & Saputra, I. B. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Manar Kecamatan Medan Johor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 447–456. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1193

Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan (PP no. 19 tahun 2005). (2005). In Sekretariat Negara Indonesia (Issue 1).

Punuh, L. G. L., & Lumapow, H. R. (2017). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Tombatu Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1, 14–23.

Rai Seni, N., Natajaya, I. N., & Gede Agung, A. A. (2018). Kontribusi Biaya Pendidikan dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2732

Ahdiat, A. (2024). Alokasi Anggaran Pendidikan dalam APBN Indonesia (2015-2024)*. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/26/anggaran-pendidikan-2024-capai-rp665-triliun-rekor-tertinggi-baru

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/JPM.V4I1.14958

Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 468–468. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Mesiono, M., Siregar, M. F. S., & Saputra, I. B. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Manar Kecamatan Medan Johor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 447–456. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1193

Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan (PP no. 19 tahun 2005). (2005). In Sekretariat Negara Indonesia (Issue 1).

Punuh, L. G. L., & Lumapow, H. R. (2017). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Tombatu Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1, 14–23.

Rai Seni, N., Natajaya, I. N., & Gede Agung, A. A. (2018). Kontribusi Biaya Pendidikan dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2732

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Shaleha, K., & Panggabean, D. S. (2022). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan Di SD Siburbur Kabupaten Tapanuli. Edumaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 35–46.

Somayana, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/JAPENDI.V1I03.33

Sumual, S. D. M., Watung, S. R., Rattu, F. M. L., & Manongko, A. A. Ch. (2021). Pengaruh Sumber Pembiayaan Pendidikan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Manado. Society, 9(2), 586–596. https://doi.org/10.33019/society.v9i2.267

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Togatorop, M. (2017). Pengaruh Biaya Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Sma Swasta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 234. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p234-240

Ulpha Lisni Azhari, & Dedy Achmad Kurniady. (2016). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN, FASILITAS PEMBELAJARAN, DAN MUTU SEKOLAH. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23.

Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219. https://doi.org/10.19105/tadris.v11i2.1170

Wahab, R. (2018). Psikologi belajar (1st ed.). Rajawali Pers.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.