Tiktok Shop Dan Ambisi Negeri China : Analisis Permasalahan Tiktok Shop Di Indonesia

Mukhamad Khusaini, Lilia Pasca Riani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan TikTok Shop, (2) mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam permasalahan ini, (3) mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dari permasalahan TikTok Shop di berbagai negara, (4) mengidentifikasi kebijakan pemerintah untuk menangani permasalahan TikTok Shop di Indonesia, dan  (5) mengidentifikasi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi melalui kajian literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber relevan yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2024, termasuk buku, artikel jurnal, dan riset yang ada. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi berdasarkan data yang dikumpulkan dan diklasifikasikan. Penelitian menemukan bahwa permasalahan utama TikTok Shop berkaitan dengan regulasi perdagangan, potensi monopoli, dan dampak ekonomi terhadap UMKM. Pihak yang terlibat meliputi pemerintah Indonesia, pedagang pasar tradisional, dan perusahaan TikTok. Dampak negatif dari TikTok Shop mencakup penurunan penjualan UMKM, sementara dampak positifnya termasuk peluang perlindungan konsumen yang lebih baik dan kesempatan bagi platform lain untuk tumbuh. Kebijakan pemerintah Indonesia melarang transaksi langsung di platform media sosial seperti TikTok Shop untuk melindungi UMKM. Alternatif solusi yang diusulkan mencakup peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM, diversifikasi saluran penjualan, dan pengembangan program loyalitas serta peningkatan pengalaman pelanggan. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pembuat kebijakan dan pelaku industri untuk memahami dinamika dan kompleksitas yang ada dalam fenomena TikTok Shop.

Keywords


TikTok Shop, China, Permasalahan TikTok Shop, TikTok Shop Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. (2015). Dumping Dalam Perspektif Hukum Dagang Internasional Dan Hukum Islam. Mazahib, XIV(2), 160–168. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/mazahib/article/view/344

Ariyani, L. (2022). Memetakan Kebijakan Internasionalisasi Umkm Indonesia. Trade Policy Journal, 1, 13–18. http://jurnal.kemendag.go.id/TPJ/article/view/774%0Ahttp://jurnal.kemendag.go.id/TPJ/article/download/774/383

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1), 13–25. https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1485

Erliyani, E., & Afiaf, A. N. (2023). KONTROVERSI PENGHAPUSAN TIKTOK SHOP: BAGAIMANAKAH PRO DAN KONTRANYA? – Environmental Geography Student Association. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2023/10/25/kontroversi-penghapusan-tiktok-shop-bagaimanakah-pro-dan-kontranya/

Fathni, I., Basri, B., Zulaika, S., & Dewi, R. S. (2023). Pengaruh Kebijakan Privasi, dan Tingkat Kepercayaan Pada Platform Digital terhadap Perilaku Pengguna dalam Melindungi Privasi Online di Indonesia. Sanskara Hukum Dan HAM, 2(02), 118–126. https://doi.org/10.58812/shh.v2i02.305

Hariwijaya, I. (2020). PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Hidayanti, N., Futuchatul Hidayah, S., Al -Hakim, I., & Khairum Nisa, F. (2022). Pengaruh Tiktokshop Sebagai Media Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Mozaik Komunikasi, 3(2), 36–43.

Kamila, N., & Muchlis, M. M. (2024). Implikasi Cafta Terhadap Produk Jadi Indonesia Di Tiktok Shop: Tinjauan Literatur. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 4(1), 45–60.

Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173

Maulana, M. I. (2023). Pencabutan TikTok Shop di Indonesia: Dampak Positif dan Negatifnya - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/mirsyadmaulana/651df5baedff763b4e209252/pencabutan-tiktokshop-di-indonesia-dampak-positif-dan-negatifnya

Mulya, H. F., Saputro, G. E., & Suwito. (2022). KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI 1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1483–1490.

Muslim, S., Muktar, M., & Diansah, S. (2023). Implikasi Hukum Penutupan TikTok Shop terhadap Regulasi Hukum Bisnis di Indonesia. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(10), 952–963. https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i10.713

Prasiska, R. A., Rahmawati, F., & Fikri, M. K. (2022). Pengaruh Platfrom Penjualan Online TikTok Shop Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 3(1), 31–36.

Pratama, N. B., & Deniesa, S. (2023). Legal Protection for Tik Tok Shop Buyers: Comparison between China and Indonesia. Indonesian Comparative Law Review, 5(2), 75–89. https://doi.org/10.18196/iclr.v5i2.17298

Putra, D. S. Y. A. (2024). Peran Regulasi Dalam Mengatur Perdagangan Online Di Indonesia: Kepatuhan, Penyelesaian Sengketa, Dan Dampaknya Pada Bisnis Online. HUKMY : Jurnal Hukum, 3(2), 462–474. https://doi.org/10.35316/hukmy.2023.v3i2.462-474

Putri, N., Prasetya, Y., Handayani, P. W., & Fitriani, H. (2023). TikTok Shop: How trust and privacy influence generation Z’s purchasing behaviors. Cogent Social Sciences, 10(1), 2292759. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2292759

Rahayu, N. (2019). Pertumbuhan E-Commerce Pesat di Indonesia. WartaEkonomi. https://wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132

Saputri, I. N. (2024). DAMPAK MASUKNYA PRODUK CHINA KE INDONESIA MELALUI MEDIA DIGITAL TIKTOK SHOP TERHADAP UMKM DI INDONESIA TAHUN 2023.

Tanjung, A. A., Syafii, M., Tarigan, S. B., & Harahap, W. G. (2022). Analisis Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Model Data Panel. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 567–575. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2223

Zahra, Z., Ayunda P, R., & Naben, M. N. (2023). Analisis “Predatory pricing” TikTok Shop di Tengah Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 31, 1022–1030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.