Analisis Produktivitas Usaha Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Di Pia Asti Cita Rasa Khas Kediri

Faizal Wiyadi, Fransiska Retno Utar, Eunike Rose Mita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas serta pendapatan usaha Pia Asti Cita Rasa Khas Kediri di tengah persaingan ketat industri Bakpia di Kota Kediri. Menggunakan metode kualitatif, studi ini melibatkan observasi langsung, wawancara, dan pengumpulan data terkait implementasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pia Asti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas dan pendapatan Pia Asti meningkat melalui beberapa strategi utama. Pertama, strategi pemasaran awal yang mengandalkan penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut telah berkembang menjadi pendekatan yang lebih kompleks dengan inovasi produk dan diversifikasi, yang memungkinkan perusahaan menjangkau lebih banyak konsumen dan menyesuaikan dengan permintaan pasar yang beragam. Kedua, kemitraan dengan pihak terkait berperan penting dalam memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memastikan kualitas bahan baku yang konsisten, memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Ketiga, inovasi produk dengan mengembangkan varian rasa baru terbukti efektif dalam menarik konsumen baru dan menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada. Meski demikian, Pia Asti juga menghadapi tantangan signifikan seperti persaingan harga dan kualitas produk dari kompetitor. Pia Asti mampu menerapkan strategi pemasaran dan inovasi produk secara efektif, fokus pada peningkatan kualitas produk dan layanan pelanggan menjadi kunci keberhasilan Pia Asti dalam mempertahankan keberlanjutan usaha di industri Bakpia Kediri, meskipun dihadapkan pada tantangan kompetisi dan kualitas sumber daya manusia.

Keywords


Produktivitas Usaha, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Ariansyah, F., Kusumayadi, F., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S., Wolter

Monginsidi Komplek Tolobali, J., & Bima, K. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA

TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN

PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA BIMA. Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3).

https://journal.sinov.id/index.php/jurimbik■page001

Asiati, D., Pusat, N., Kependudukan -Lembaga, P., Pengetahuan, I., & Korespondensi, I. (2016).

PARTNERSHIP IN THE FISHERY SECTOR: STRATEGIES FOR BUSINESS AND

EMPLOYMENT SUSTAINABILITY. In Jurnal Kependudukan Indonesia | (Vol. 11, Issue 2).

Bisma Rendelangi, A., & Ode Abdul Manan, L. (2023). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN

DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO ALVIAN RESA PRIANTO

DESA AMBAIPUA KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN Oleh.

DARMANTO SUGONDO SIANTURI. (2022). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP

PRODUKTIVITAS.

Hasbullah. (2022). Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan

pembelian.

Hotimah, H., Septiana, A., & Dawam, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya

Meningkatkan Pendapatan dan Produktivitas Petani dalam Perspektif Ekonomi Regional

(Studi Pada Petani Jagung di Desa Planggiran Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten

Bangkalan). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1218.

https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.548

Hulu, D., Telaumbanua, E., Hulu, D., Lahagu, A., Telaumbanua, E., Studi Manajemen, P., &

Ekonomi Universitas Nias, F. (2022). ANALISIS LINGKUNGAN KERJA DALAM

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN

PROSPEK: Prosiding Pendidikan Ekonomi, 6 Juli 2024: 61-68

BOTOMUZOI KABUPATEN NIAS ANALYSIS OF THE WORK ENVIRONMENT IN

IMPROVING WORK PRODUCTIVITY OFFICE EMPLOYEES IN BOTOMUZOI DISTRICT

NIAS REGENCY. 10(4), 1480–1496.

Kosasi, S., & Pontianak, S. (2022). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar

Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak.

Muhaeni S.N, A. P. I. Yusron. M. S. A. (2022). 5288-18940-1-PB.

Munifah Khomilah. (2020). PENGARUH PROMOSI, ATRIBUT TOKO (STORE ATTRIBUTES),

DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NICK COFFE DI

KOTA BENGKULU.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan

Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen,

(1), 2656–6265.

Rumegang, B. P., Tampi, J. R. E., Punuindoong, A. Y., Ilmu, J., Program, A., & Bisnis, S. A. (2021).

Analisi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pembiayaan Kredit

Mobil Pada BFI FINANCE Cabang Manado. In Productivity (Vol. 2, Issue 1).

Wahyu Nurul Tri Astutik. (2021). PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA USAHA KERIPIK

TKRG, KERIPIK SINGKONG KENANGA, DAN KERIPIK SETIA JAYA KECAMATAN

KALIPARE, KAB. MALANG) SKRIPSI.

Yogi S.M, A. (2020). Inovbiz. In Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis (Vol. 8).

www.ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.