Analisis Konsep Strategi Pemasaran Umkm Kuliner “Boona Dimsum” Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Menghadapi Persaingan Bisnis Dikota Kediri

Elsha Ulfatun Ni’mah, Nina Dyah Ayu Palupi, Elis Irmayanti

Abstract


UMKM merupakan jenis usaha perdagangan yang dikelola oleh individu maupun kelompok. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan devisa negara melalui pajak. Di Kota Kediri, UMKM berkembang dengan stabil dengan berbagai sektor pada bidang kuliner, fashion dan teknologi. Pemerintah berperan memfasilitasi berupa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.. Pada UMKM “Boona Dimsum”  memiliki strategi yang cukup efektif guna meningkatkan penjualan dan mampu bertahan di lingkup persaingan pasar kuliner. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara kepada owner UMKM Boona Dimsum. Penenelitian ini dilakukan pada salah satu UMKM kuliner di Kota Kediri yaitu “Boona Dimsum” dengan tujuan mengidentifikasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan serta menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat. Peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara dengan owner untuk memperoleh informasi mengenai sejarah, keunggulan, kelemahan, hambatan dan peluang UMKM Dimsum Mentai. UMKM ini didirikan oleh Mas Dandi bersama istrinya. Usaha ini bermula dari penjualan takjil pada bulan ramadhan lalu berkembang menjadi binis kaki lima. Keunggulan produk ini terletak pada cita rasa, dengan label halal dan memiliki resep khusus. Kelemahannya terletak pada persaingan dan keterbatasan wadah atau kemasan.UMKM ini juga telah memperoleh izin usaha untuk memastikan tingkat kelegalan dan dan keamanan produk dimsum mentai

Keywords


UMKM, Strategi, Boona Dimsum, Persaingan

Full Text:

PDF

References


Novitasari D., Samari. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu Takwa. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 6 (1)

Lonan, J. F., Ogi, I. W. J. M., & Karuntu, M. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Freshmart Superstore Bahu Manado Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Covid19 (STUDI PADA KONSUMEN FRESHMART SUPERSTORE BAHU MANADO). Jurnal EMBA, 11(3), 186–195.

Nashiroh, L., Yuliatiningtyas, S., & Abror, D. (2022). STUDI KUALITATIF TENTANG STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA BAKSO RANTE SIDOARJO.

Chasanah, Nining Lailatul. (2021). ANALISIS PERAN ORANG TUA BERDASARKAN JENIS PEKERJAAN DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA SEKOLAH DASAR DI DUSUN NGETOL. STKIP PGRI PACITAN.

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Jurnal Mirai Management Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Solang, F. S., Kaawoan, J. E., & Sumampow, I. (2019). STRATEGI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH MASYARAKAT DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN.

Puspitasari, Amelia. (2020). Permainan Harta Karun Dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fandilah Aida. (2020). Pengembangan Genius Hour Berbasis Personal Inquiry Learning Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ilmita. (2017). Implementasi Kurikulum Pendidikan Berkebutuhan Khusus Autis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Endangsari, Eulis. (2019). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Membentuk Keterampilan Abad Ke-21. (Studi Deskriptif Kualitatif di SMPN 12 Bandung)

Universitas Pendidikan Indonesia.

Ningrum, Fitri Cahya. (2021). Pelestarian Tradisi Nyeruit Sebagai Warisan Gastronomi Kota Bandar Lampung. Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.