Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Market Day di SD Kedungjati

Intan Wulan Prasetiyaningsih, Wikanso ., Puji Rahayu

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri Kedungjati melalui kegiatan market day. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang inovatif dan memberikan solusi yang kreatif dalam berbagai situasi. Dalam konteks pendidikan, meningkatkan kreativitas siswa menjadi hal yang penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia modern yang terus berkembang. Market day merupakan kegiatan di mana siswa diberikan kesempatan untuk menjadi wirausaha kecil-kecilan dengan menjual produk atau jasa yang mereka ciptakan sendiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih siswa dalam berpikir kreatif, mengembangkan ide-ide baru, dan meningkatkan keterampilan berwirausaha. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini meliputi guru, siswa SD dan tenaga kependidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Melalui partisipasi dalam market day, siswa belajar tentang proses produksi, pemasaran, dan penjualan produk, serta memiliki kesempatan untuk merasakan langsung pengalaman berwirausaha

Keywords


Kretivitas Siswa, Market Day

Full Text:

PDF

References


Lasmini, & Asri Windarsih, C. 2020. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Ke- Cerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ceria ( Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 2714–4107.

Mashud, I. 2016. Membangun Jiwa Wirausaha Siswa melalui Kegiatan Jual Beli. Jurnal FKIP UNS.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.

Nurhuda, T. A. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Simple Miraces Karya Ayu Utami. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 8(1), 10–18.

Pratitis, M. L. 2018. Implementasi Program Market Day Sebagai Sarana Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Siswa SDIT Alam Nurul Islam. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(25), 24459–24457.

Riyanto, A. A. 2015. Keterampilan Berwirausaha Bagi Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 50– 62.

Rukmana, T., Munastiwi, E., Puspitaloka, V. A., Mustika, N., & Khoirunni’mah, K. 2023. Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 416–426.

Sari, F. B., & Risda Amini, M. 2020. Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532.

Setiawati, N. A., Syam Nst, F., & Zahara, R. 2022. Application Of The Market Day Based Entrepreneurship Learning Model In Building Generation Entrepreneurs. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(1), 38–48. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.432

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sulistyowati, P., & Salwa. 2016. Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan pada Siswa Sejak Dini melalui Program Market Day. Jurnal UNEJ.

Windarsih, C. A. 2019. An Implementation Of Participative Iqro Method In The Oriented Of Al- Quran Education Center On The Purpose Of Learning Goal And Objectives For Early Children. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 25–29.

Zultiar, I., & Siwiyanti, L. 2017. Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Anak Sejak Dini melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.