Implementasi Edupreneurship Mahasiswa Dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah Bimbingan Belajar Excellent Kids

Rivaldo Dwi Putra Sakti, Nenchy Widya Isworo, Zainal Arifin

Abstract


Edupreneurship bagi seorang mahasiswa sangatlah penting dalam menghadapi dinamika perubahan lapangan pekerjaan. Dimana mahasiswa harus mampu menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam dunia kerja salah satunya dalam membangun bisnis bimbingan belajar. Adanya berbagai tantangan dan hambatan tersebut, mahasiswa nantinya dapat mengembangkan berbagai strategi. Strategi-strategi tersebut harus tepat dan sesuai dengan tantangan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui edupreneurship dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan serta strategi dalam mengatasi hal tersebut pada bisnis bimbingan belajar. Metode penelitian menerapkan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara yang bertujuan untuk memungkinkan peneliti mengumpulkan data yang menyeluruh untuk analisis yang lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dan hambatan yang dihadapi adalah dampak perkembangan teknologi, dinamika perubahan kurikulum, penyesuaian kompetensi siswa, persaingan bisnis di bidang yang sama, dan pengelolaan bisnis. Adanya tantangan dan hambatan tersebut menciptakan berbagai strategi untuk mengatasinya yang meliputi penggunaan inovasi dalam teknologi, penekanan pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, pemahaman yang mendalam terhadap segmentasi, dan promosi atau pemasaran yang kreatif

Keywords


Edupreneurship, Jiwa Entrepreneur, Bimbingan Belajar

Full Text:

PDF

References


Adi Suparwo, A. A. (2021). Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Bimbel Smart Club. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsa

Hanny, W. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10, 29–34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1

Istiqomah, J. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DESA MARIAT PANTAI Istiqomah 1 , Jaharudin 2. Juli, 2(2), 29–34.

M Syauqillah. (2022). Edupreneurship. www.insightmediatama.co.id

Nada, Q., & Nuriadin, I. (2022). Journal of Educational Management and Strategy (J E M A S T) Edupreneurship : Pemanfaatan Video Pembelajaran pada Platfom Youtube. Journal of Educational Management and Strategy (JEMAST), 01(02), 158–161. https://doi.org/10.57255/jemast.v1i1.xxxx

Nurhayati, J. U. I. R. A. G. A. U. A., Si, S., & Jig |, M. T. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS INDUSTRI JASA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE ANALISIS SWOT (Vol. 06, Issue 01).

Nurillahwaty, E. (2022). PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN.

Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382

Rahman, S. A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar Education Zone. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 2(2), 158–163. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v2i2.634

Umatin, C., Susilowati, E., & Basuki, A. (2024). INTERNALISASI EDUPRENEURSHIP KEPADA MAHASISWA (HASIL ANALISIS PEMBELAJARAN). Research and Development Journal Of Education, 10(1), 359–367. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22942


Refbacks

  • There are currently no refbacks.