Analisis Peran Edupreneurship Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Nur Fadhilah Putri Utami, Riska Dwi Rohmatika, Efa Wahyu Prastyaningtyas

Abstract


Edupreneurship  merupakan penggabungan antara Pendidikan dan kewirausahaan, dimana pada konsep edupreneurship seseorang maupun sekelompok orang berperan sebagai pengelola Pendidikan yang kreatif serta inovatif dengan tujuan yang positif, yaitu memajukan dunia Pendidikan. Edupreneurship berperan dalam memberikan inovasi agar produk memiliki daya saing tinggi, berkualitas, dan dapat memberikan dampak positif terhadap Masyarakat lain.  Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki progam edupreneurship guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap wirausaha, edupreneurship juga menawarkan peluang positif yang lebih luas, dengan menggunakan strategi yang tepat dan ketekunan, semua kendala akan dapat diatasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan menjelaskan peran implementasi edupreneurship  pada prodi Pendidikan ekonomi UNP Kediri. Metode penelitian ini kualitatif dengan mengumpulkan informasi melakukan metode observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Implementasi edupreneurship terungkap bahwa terdapat perbedaan yang cukup mencolok dalam pengetahuan, sikap, motivasi, dan keterampilan praktis terkait edupreneurship. mata kuliah kewirausahaan (edupreneurship) mampu membangkitkan motivasi mahasiswa karena mahasiswa dibekali dengan pengetahuan yang lebih matang serta dibekali dengan keterampilan praktis, dan dalam menjadi enterpreneur juga harus memiliki jiwa enterpreneur yang dapat diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran dan ditumbuhkan mahasiswa sejak dini karena merintis suatu usaha akan menghadapi banyak hambatan dan tantangan

Keywords


Edupreneurship, Minat Beriwirausaha

Full Text:

PDF

References


Arta, A., Faizal, M. A., Asiyah, B. N., & Mashudi. (2023). The Role of Edupreneurship in Gen Z in Shaping Independent and Creative Young Generation. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 231–241. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.5673

Bunarto, A. N. (2020). Apa Itu Kewirausahaan dan Kaitannya dengan Ide Bisnis. https://doi.org/10.22146/bpsi.11484

Dwita Anja Asmara, M., Meilani, S., Kriya Seni, J., & Seni Rupa, F. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint pada Dedaunan.

Helisa Margahana. (2020). urgensi pendidikan enterpreneurship dalam membentuk karakter enterpreneur mahasiswa.

muhammad syauqillah. (2022). Edupreneur. www.insightmediatama.co.id

Novita, D., & Nuriadin, I. (2023). IMPLEMENTASI EDUPRENEURSHIP UNTUK MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MELALUI TEACHING FACTORY DAN BUSSINES CENTER DI SMKN 3 KOTA BEKASI. https://doi.org/10.46306/vls.v3i2

Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382

Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? In BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship (Vol. 1). https://journal.csspublishing/index.php/business

Umatin, C., Susilowati, E., & Basuki, A. (2024). INTERNALISASI EDUPRENEURSHIP KEPADA MAHASISWA (HASIL ANALISIS PEMBELAJARAN). Research and Development Journal Of Education, 10(1), 359–367. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22942


Refbacks

  • There are currently no refbacks.