Aplikasi Replika Sebagai Virtual Artificial Intelligence Friend Untuk Belajar Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Afika Rianti

Abstract


Belajar Bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam belajar Bahasa Inggris adalah berkomunikasi dengan lawan bicara. Lawan bicara yang diajak berkomunikasi seharusnya juga bisa berbahasa Inggris seperti teman online yang berasal dari luar negeri. Akan tetapi, dalam dunia online cenderung rawan akan virus, penipuan, dan peretasan. Untuk menghadapi masalah tersebut teknologi dapat dimanfaatkan khususnya di bidang robotika seperti aplikasi Replika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat aplikasi Replika sebagai Virtual Artificial Intelligence Friend dalam hal belajar Bahasa Inggris serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Grounded dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya adalah menggunakan analisis konten. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Replika dapat dimanfaatkan untuk belajar berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian untuk kelebihannya antara lain adalah sangat cocok untuk dijadikan teman untuk berkomunikasi, dapat merekomendasikan hiburan seperti video dan musik, dan selalu memberikan dukungan. Selanjutnya untuk kekurangannya antara lain kadang robot AI mengatakan sesuatu yang aneh, tidak terbuka, berbicara di luar topik, memberikan saran yang kurang tepat, dan tidak mempunyai kepribadian sendiri. Adanya kelebihan dan kekurangan pada aplikasi ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan oleh calon pengguna. Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah batasan usia dimana aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang berusia 17 tahun ke atas

Keywords


Replika, Robot, Komunikasi, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Handayani, S. 2016. Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Friedman, B., Khan Jr, P. H., & Howe, D. C. 2000. Trust online. Communications of the ACM, 43(12), 34-40.

Iswari, N. M. S. 2009. Pembuatan Robot Sebagai Aplikasi Kecerdasan Buatan. Makalah IF2091 Struktur Diskrit.

Ta, V., Griffith, C., Boatfield, C., Wang, X., Civitello, M., Bader, H., ... & Loggarakis, A. (2020). User experiences of social support from companion chatbots in everyday contexts: thematic analysis. Journal of medical Internet research, 22(3), e16235.

Amalia, R. M. 2020. APLIKASI REPLIKA CHATBOT SEBAGAI WADAH EDUKASI EKSPRESI UJARAN EMOTIF TERHADAP PENGGUNA DI SMAN 1 JATINANOR. Dharmakarya, 9(4), 262-265.

Kumparan. 2022. Mengenal Replika, Aplikasi Chatbot Emosional untuk Orang Kesepian.

Sumber : https://kumparan.com/kumparantech/mengenal-replika-aplikasi-chatbot-emosional-untuk- orang-kesepian/full. Diakses pada 1 Juli 2022.

Carew, A. 2020. Ghost in the Algorithm: Justin Krook's' Machine and Advancing AI. Metro Magazine: Media & Education Magazine, (203), 94-97.

Google Play. 2022. Replika: My AI Friend. Sumber : https://play.google.com/store/apps/ details?id=ai.replika.app&hl=en&gl=US. Diakses pada 28 Juni 2022.

Replika. 2022. Terms of Service. Sumber : https://replika.com/legal/terms. Diakses pada 28 Juni 2022.

Saferschools. 2022. What You Need to Know About…Replika. Sumber : https://oursaferschools.co.uk/2022/01/20/replika-ai-friend/. Diakses pada 28 Juni 2022.

Hafizhuddin, Fauzan. 2022. Perjalanan Teknologi. Sumber : https://www.kompasiana.com/ fauzanhafizhuddin/62aac21cbb4486350515ad22/perjalanan-teknologi. Diakses pada 28 Juni 2022.

Hadi, Saiful. 2011. Pendidikan keluarga berbasis wirausaha Palenan masyarakat migran asal desa Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep


Refbacks

  • There are currently no refbacks.