Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental. Desain penelitian menggunakan one-group-pretest-posttest. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sogaten. Teknik pengamblan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest-posttest). Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang selesai dilakukan, disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dinyatakan dengan hasil hipotesis, ditemukan bahwa Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Model Group Investigation. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i1.1352
Linuhung, N., & Sudarman, S. W. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.465
Mushoddik, Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelaaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta. Swarnabhumi, 1(1), 1–10. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/index
Novita, L. D., Sakardi, & Maksum, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Group Investigation dalam Pembelajaran IPS SD. Prosiding Seminar Dan Dasar Diskusi Pendidikan Dasar, 1–16. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17754
Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253
Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451
Pertiwi, D. E., Samsuri, T., & Muliadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 135. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.114
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Pudjiastuti, S. R. (2020). Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Di Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(01), 1–5.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4307(3), 320–325. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Refbacks
- There are currently no refbacks.