Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2

Diah Pramesthi Kusumawardani, Rosita Ambarwati, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II.  Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bader 02 dan SDN Bader 03 kecamatan Dolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design yang menggunakan desain pre-test post-test control design. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 siswa.  Instrumen penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika kelas II. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya perbedaan dalam hasil pembelajaran matematika siswa kelas II sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media pembelajaran dan sesudah menggunakan, dengan rerata nilai meningkat dari 63,42 menjadi 87,13. Uji hipotesis menunjukkan nilai p-value < 0,05 yaitu 0,02 < 0,05. Dengan demikian, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II.


Keywords


discovery learning; media pembelajaran; penjumlahan pengurangan

Full Text:

PDF

References


Dhianti Haeruman, L., Rahayu, W. dan Lukita Ambarwati, D. (2017) “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), hal. 153–164. Tersedia pada: https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240.

Fadillah, A. (2016) “Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), hal. 113–122. Tersedia pada: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23.

Nabillah, T. dan Abadi, A.P. (2019) “Faktor Penyebab rendahnya Hasil Belajar Siswa,” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, hal. 659.

Nurdin, M. (2013) “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa,” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), hal. 9–22.

Nurmawati (2021) “Model Discovery Learning pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX-2 SMPN 1 Pasir Penyu,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), hal. 8424–8432.

pito haris abdul (2018) “Media Pembelajaran Dalam Prespektif Alquran,” Andragogi Jurnal Diklat Teknis [Preprint], (2).

Suhendri, H. (2011) “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” Jurnal Formatif, 1(1), hal. 29–39. Tersedia pada: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61.

Surur, M. dan Tri Oktavia, S. (2019) “Pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1).

Tafonao, T. (2018) “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), hal. 103–114. Tersedia pada: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Wijayanti, N. dan Widodo, adi sri (2021) “Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring,” Journal of Instructional Mathematics, 2(1), hal. 1–9. Tersedia pada: https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.