Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Truth or Dare Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5

Erma Firda Melati, Vivi Rulviana, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan media Truth or Dare terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif model quasi experimental dengan desain Non Equivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Karangtengah 4 Nagwi. Sedangkan, subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 5A sebagai kelas control dengan jumlah keseluruhan ada 56 siswa. Teknik pengumpulan data melalui soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stary berbantuan media Truth or Dare berpengaruh terhadap kemampua berpikir kritis siswa kelas 5. Terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan media truth or dare, yaitu: 81,57 sedangkan nilai rata-rata siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran two stay two stray berbantuan media truth or dare lebih rendah, yaitu: 76,00. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stary berbantuan media Truth or Dare terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5.

Keywords


Model Pembelajaran TSTS; Media Truth or Dare; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arlinda. 2017. ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SDN 21 Sitorajo Kecamatan Kuantan Tengah’. Jurnal Primary Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau 6 (2): 555–62.

Changwong, K., A. Sukkamart, and B. Sisan. 2018. ‘Critical Thinking Skill Development: Analysis of A New Learning Management Model for Thai High Schools’. Journal of International Studies 11 (2): 37–48.

Fanny, Cintya Devi Ayunda, and Norida Canda Sakti. 2021. ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRUTH AND DARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA’. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 9 (2): 108–21. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5074.

Fatimah, Ima Siti. 2023. ‘Pengaruh Penerapan Media Truth Or Dare Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pembelajaran PPKn Kelas V SDN 2 Kalimanggiswetan’. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1 (1): 1–5. https://journal.pipuswina.com/index.php/ jippsi/about.

Nurmiati, Nurmiati, Muhammad Danial, and Muhammad Arsyad. 2023. ‘Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Project Based Learning (PjBL) Dalam Penerapan Merdeka Belajar’. Chemistry Education Review 6 (2): 134–40. https://doi.org/10.26858/ cer.v6i2.13315.

Tarigan, Daitin, and Elma Saskia. 2019. ‘PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE (TOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH’. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 84–95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.