Sepak bola dalam industri olahraga

Pipit Fitria Yulianto

Abstract


Sepak bola merupakan cabang olahraga yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Permainan olahraga yang satu ini banyak sekali yang mengembangkan dalam dunia bisnis hingga pelaksanaannya sampai menyentuh liga profesional Indonesia. Industri olahraga sepak bola merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari laba yang sebanyak-banyaknya dan kegiatan dalam mengembangkan bisnis industri olahraga tersebut dilakukan melalui berbagai macam cara. Permainan ini hampir dimainkan di perkotaan dan pedesaan mudah ditemui dan tidak memandang ras, suku, agama, serta daerah. Sehingga orang dalam berwirausaha mendirikan toko perlengkapan sepakbola akan membuka peluang dalam mengembangkan usaha perekonomiannya. SSB sangat membuka peluang lebar dalam mengurangi pengangguran diindonesia, dalam setiap kepengurusan SSB yang terorganisir hampir diurus 10 orang padahal tiap daerah atau kabupaten tidak sedikit orang mendirikan sebuah SSB selain untuk memperoleh prestasi, SSB juga dapat dijadikan usaha sampingan bagi pemiliknya. SSB ini juga sangat berperan besar dalam bagian industri olahraga. Tidak sedikit uang yang dikeluarkan peserta didik untuk latihan akan tetapi dalam hal ini nantinya seorang peserta didik akan menjadi pemain professional yang akan mengembalikan modal latihan bahkan menjadi pekerjaan untuk menghidupi keluarganya. Sepakbola industri sebagai instrumen penting dalam mengerakkan dan menumbuhkembangkan wirausahawan muda secara masif. Hal ini sangat sejalan dalam peluang membuka usaha baru dalam mengatasi pengangguran dan tingkat kriminalitas melalui industri sepak bola.

Keywords


olahraga; sepak bola; industri olahraga

Full Text:

PDF

References


Gifford, C. (2003). Sepak Bola Panduan Lengkap untuk Permainan yang Indah. Terjemahan Rudijanto. Yogyakarta: Erlangga.

Harsono, (1988). Coaching dan aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Ditjen Dikti.

Johnson, B. L. dan Nelson, J. K. (1986). Practical Measurements for Evaluation in Physical Education. New York: Macmillan Publishing Company.

Kirkendall, D. R., Gruber, J. J., and Johnson, R. E. (1987). Measurement and Evaluation for Physical Educators. Illinois: Human Kinetics Publishers, Inc.

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Soekatamsi. (2001). Permainan Besar Sepak Bola I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.