Memajukan olahraga rekreasi dan event olahraga sebagai upaya meningkatkan penjualan produk industri olahraga

Andri Arif Kustiawan

Abstract


Olahraga Rekreasi sejauh ini sudah dianggap sangat penting dalam kehidupan manusia, semua lapisan masyarakat sudah menempatkan kegiatan rekreasi ini pada rating teratas dalam kegiatan sehari-hari mereka, bahkan tidak jarang ada yang sudah menjadwalkan kegiatan ini dan menjadi kegiatan wajib setiap minggunya. Rekreasi dipandang penting karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi didaerah masing-masing bahkan rekreasi juga sangat berpengaruh pada pendapatan negara dengan memanfaatkan tempat-tempat wisata untuk menarik pengunjung dari dalam negeri maupun wisatawan dari berbagai mancanegara. Begitu pula dengan olahraga, olahraga tidak kalah pentingnya dengan rekreasi bahkan didalam olahraga bukan hanya dapat meningkatkan perekonomian suatu bangsa tapi juga ada pertarugan gengsi dan politik suatu negara. Jika olahraga dikelola dengan semaksimal mungkin  maka ini akan menjdi batu loncatan untuk menuju persaingan global di kancah internasional.

Keywords


inovasi; kreativitas; sport industry

Full Text:

PDF

References


Harsuki (2007). ”Manajemen Sentra Industri Olahraga”. Makalah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogakarta

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131808341/Proceeding%20SEMNAS-Pemberdayaan%20Industri%20Olahraga%20Dalam%20Menghadapi%20Pasar%20Bebas.pdf

Kristiyanto, A. (2008). Sports Home Industry Development: A Descriptive Study on Response and Expectation of the Small-Scale Sports Industry Businessmen in Solo, Central Java, Indonesia. Proceeding International Conferenceon Sport Industry. Bandung, October, 21th–23th 2008.

Nuryadi (2008). Olahraga dan Kesejahteraan (Sebuah refleksi dan harapan terhadap penyelenggaraan olaharaga kompetitif di Indonesia). Bandung: Bidang Pengendalian Latihan Binpres KONI Jabar

Sucherly. (1999). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Pasca Unpad

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem keolahragaan nasional.

Yoo Eui Dong (2006) dari Institut Sport Science Korea.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.