Peluang pengembangan industri keolahragaan dalam meningkatkan potensi olahraga dan perekonomian di Indonesia

Sugito Sugito, Muhammad Akbar Husein Allsabah

Abstract


Perkembangan olahraga di dunia dan Indonesia saat ini semakin menarik untuk diikuti, salah satu hal yang menarik adalah bahwa olahraga dapat dimasuki dimensi lain dalam perkembangannya. Olahraga yang dikenal sebagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk mengembangkan potensi jasmani dan rohani di dalamnya memiliki sesuatu energi yang dapat meningkatkan perkembangan olahraga. Dalam mengembangkan pembangunan olahraga terdapat beberapa peningkatan kebijakan yang salah satunya adalah peningkatan di sektor industri keolahragaan. Kegiatan dalam industri olahraga di dalamnya terdapat bisnis dalam bidang olahraga yang didalamnya menyediakan barang ataupun jasa. Peluang industri olahraga di dunia dan Indonesia sebagai penguat potensi ekonomi yang luar biasa. Indonesia yang termasuk negara berkembang dalam bidang ekonomi telah merintis usaha atau jasa dalam industri keolahragaan. Kedepannya perlu memikirkan bagaimana untuk terus meningkatkan industri olahraga agar industri olahraga di Indonesia seperti negara-negara yang telah maju sehingga dampak kedepannya nilai ekonomi Indonesia akan lebih baik.

Keywords


olahraga; industri olahraga; ekonomi

Full Text:

PDF

References


Gratton, C., Shibli, S., Richard C. (2006). The Economimic Impact of Major Sports Events: a review of ten events in the UK (Online), (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1111/j.1467-954X.2006.00652.x) diakses pada 9 April 2018.

Nugroho, A. (2005). “Bisnis Industri Olahraga dan Strategi Pemasaran.” Proceeding Seminar Nasional. Yogyakarta: FIK UNY.

Nuryadi. (2010). Industri Olahraga (Sport Industry) (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/197101171998021-NURYADI/INDUSTRI_OLAHRAGA_[Compatibility_Mode].pdf, diakses 8 April 2018).

Pitts, B. G, Fielding, L. W., and Miller. (1994). Industry Seg­mentation Theory and Sport Industry. Developing a Spoort Industry Segmentation Model Sport Mar­keting Quarterly. 3. 1994. Morgantown, WV: Tit­ness Information Technologi, Inc.

Priyono, B. (2012). Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. Jurnal Media ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 2 Edisi 2 ISSN: 2088-6802. P112-123.

Tarsis, Tarmudji. (1991). Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Liberty.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3. Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Jakarta. 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 21 Tahun 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.