Peranan tes dan pengukuran olahraga sebagai sport industry dalam bidang jasa evaluasi kondisi fisik atlet

Ardyansyah Arief Budi Utomo

Abstract


Sport Industry tidak hanya berbentuk sebuah barang yang berkaitan dengan olahraga, namun bisa juga berbentuk jasa dalam keolahragaan. Tes dan pengukuran olahraga dapat dikembangkan sebagai sebuah usaha yang menjanjikan jika ditekuni secara serius. Lulusan Sarjana Olahraga sangat berpotensi untuk melakukan hal ini, namun dengan beberapa pertimbangan diantaranya adalah menguasai seluruh materi tes dan pengukuran kondisi fisik seperti tes kekuatan, tes kecepatan, tes keseimbangan, tes VO2Max, tes kelentukan, tes koordinasi mata tangan dan kaki, tes daya tahan, tes power, tes reaksi, dan tes kelincahan. Selain itu tester juga dituntut mampu mengolah data mentah menjadi data siap saji dan mampu memahami dimensi-dimensi penting untuk memasarkan jasa tersebut. Jika beberapa poin di atas tidak dipenuhi, maka dikhawatirkan membuat kredibilitasnya menjadi jelek di mata masyarakat. Membuka kantor adalah proses lanjutan yang tepat untuk mengembangkan jasa tes dan pengukuran olahraga ini menjadi sebuah jasa yang bernilai lebih dalam kategori sport industry.

Keywords


Tes dan pengukuran olahraga; sport industry; jasa.

Full Text:

PDF

References


Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Keolahragaan Deputi Peningkatan Prestasi Dan Iptek Olahraga. (2005). Panduan penetapan parameter tes pada pusat pendidikan dan pelatihan pelajar dan sekolah khusus olahragawan. Jakarta. Kementerian negara pemuda dan olahraga.

Mackenzie, B. (2005). 101 Tests D’Évaluations.

Nugraheni, W., Widodo, A. (2017). Tingkat koordinasi mata tangan kaki mahassiswa PJKR FKIP UMMI angkatan tahun 2016/2017. Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Nurhasan. (2000). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Universitas Pendidikan Indonesia

Nurhasan. (2011). Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka

Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.