Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam olahraga

Achmed Alfa Rizal, Habib Hafidhurrifqi, Sunar Mahmudi

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan kita, tak terkecuali dalam dunia olahraga. Atlit atau sebuah organisasi olahraga yang mampu beradaptasi dan dapat memanfaatkan IPTEK ini akan memiliki peluang besar dalam pencapaian prestasi olahraga. Banyaknya alat yang kini bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil dari proses latihan dan beberapa kajian ilmiah juga menyebutkan bahwa IPTEK memberikan dampak positif bila kita tepat dalam penggunaanya. Ilmu pengetahuan memberikan sumbangsih dalam bagaimana menyikapi dan mempersiapkan latihan. Teknologi memberikan mafaat dalam sumber pemahaman keterampilan gerak. Dalam tulisan ini juga menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memberikan kita kesempatan untuk mencapai prestasi olahraga lebih lebar lagi.

Keywords


Ilmu Pengetahuan Olahraga ; Teknologi Olahraga.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2012). Penggunaan Media VCD pada Senam Lantai Siswa SLTP di Jambi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Volume 2. Edisi 1. Juli 2012. ISSN: 2088-6802

Coakley, Jay and Dunning, Eric. (Eds). 2006. Handbook of Sport Studies. London: Sage Publications

Dewi, S dkk (2018). Pengembangan Media Video Latihan Olahraga Kesehatan Bagi Masyarakat Umum Berbasis Web. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. Vol 3 No 1 Tahun 2018 (40 - 46)

France, Robert C. 2009. Introduction to Physical Education and Sport Science. New York: Cengage Learning

Hagg, H. 1994. Sport Science Studies: Theoretical Foundation of Sport Science as a Scientific Discipline. Schorndorf: Verlag Carl Hofmann.

ICSSPE. Directory of Sport Science. (6nd Ed.). 2013. Berlin: ICSSPE

Komisi Disiplin Ilmu Keolahragaan. 2000. Ilmu Keolahragaan dan Rencana Pengembangannya. Jakarta: Dewan Pendidikan Tinggi, Ditjen. Dikti. Depdiknas.

Rusli Lutan, (1988). Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Departemen P&K Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta

Skripsi Fitriyati, A. (2012). Pengembangan Media Latihan “Video Tutorial Teknik Dasar Tangkisan Beladiri” Untuk Anak Usia Dini.

Sukadiyanto. (2005). Pengantar Teori Dan Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta

Undang- undang RI No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kementrian.Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Utami, D. (2015). Peran Fisiologi Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Indonesia Menuju Sea Games. Jurnal Olahraga Prestasi, Volume 11, Nomor 2.

Wicaksono, D. (2012). Sumbangan llmu Penunjang Olahraga Terhadap Pembinaan Olahraga Prestasi. Jurnal Olahraga Prestasi. 91-101

Widiastuti. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.