PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK (BILINGUAL) BERBASIS PEMECAHAN BERDASAR MASALAH (PBL) POKOK BAHASAN INVERTEBRATA

Rahmi Rahmi, Fenny Agustina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas media yang berbentukpop up bookpada pokok bahasan invertebrata di SMAN 10 (Hinterland) pendekatan PBL sesuai dengan kriteria kualitas yang ditetapkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan proseduralInstruksional Development Institute (IDI) yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap penentuan (define) dengan menganalisis kebutuhan, tahap pengembangan (develop), dan tahap evaluasi (evaluate). Sedangkan rancangan prosedur pengembangan terdiri dari 3 tahap, yaitu analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototipe (prototype), dan tahap penilaian (assesment). Desain penilaian produk yang digunakan adalah desain deskriptif. Penilaian produk dilakukan oleh tiga validator yaitu dosen pendidikan biologi pengampu mata kuliah media pembelajaran biologi. Objek penelitian adalah kualitas media pembelajaran berdasarkan kriteria tertentu. Data penelitian berupa pengembangan media serta data kualitas media yang disusun. Instrumen penelitian berupa lembar validasi berbentuk check list tentang kualitas media. Data kualitas produk yang dihasilkan berbentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor 1, 2, 3, dan 4, dan 5 untuk kriteria sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik. Bahan ajar hasil pengembangan berupa modul geometri analitik ruang mencakup 6 pokok bahasan. Hasil penilaian dari 3validator yang meliputi aspek ahli media 91,76%, skor rata-rata hasil validasi ahli materi sebesar 83,33%, dan skor rata-rata hasil validasi guru Biologi sebesar 81%. Maka diperoleh skor akhir hasil validasi adalah sebesar 85,36%  hasil tersebut termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan. 


Full Text:

PDF

References


Asrini, Y, dan Dwi. (2015),Pengembangan Buku Pop Up Book Sub Materi Sel Hewan Untuk Siswa SMA Kelas XI. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Fatchul, M. (2014). Penerapan MediaDalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu. Universitas Negeri Surabaya

Ika, L . (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Jannah, I, dan Nikantul. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran”pop up book” Materi Virus Bagi Siswa Kelas X SMA. Universitas Negeri Semarang. Kota Semarang.

Rachmawati, DA. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel7766079D1B8DC225DE5D0AD8B43FB40D.doc diakses tanggal 16-juli-2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.