KOPI TRIKKA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISTEM KOORDINASI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA-8 SMAN 1 PURWOREJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Trisni Atmawati

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran melalui KOPI TRIKKA untuk dapat meningkatkan kompetensi sistem koordinasi, seberapa besarkah peningkatan kompetensi sistem koordinasi dan bagaimana perubahan perilaku yang menyertai pembelajaran KOPI TRIKKA  pada peserta didik kelas XI MIPA-8 SMAN 1 Purworejo semester 2 tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan kompetensi sistem koordinasi dari 78 % peserta didik mencapai KKM pada siklus I menjadi 83% pada siklus II;  dan (2)  adanya perubahan perilaku peserta  didik yaitu semua peserta didik menunjukkan adanya keaktifan dalam mengurutkan gambar dan menjawab pertanyaan kuis.


Full Text:

PDF

References


Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning, Pembelajaran Berbasis Otak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal : 33.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nugraha, T.S. (2017). Literasi Digital dalam Pembelajaran. Ciamis : Tsaqiva Publishing.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Balajar – Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ar-ruzz Media. Hal :24,122.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit deepublish. Hal: 185 – 187

Subyantoro. (2017). PTK Penelitian Tindakan Kelas. Edisi kelima. Semarang: Farishma Indonesia

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan ke-4. Jakarta: Prenadamedia Group. Hal: 5

Tigo, M. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kompetensi sistem koordinasi pada Materi Virus SMA”. Fakultas MIPA. Universitas Tanjungpura. Pontianak

Ridwan, HR; (2012); QR Code: Sejarah, Definisi, Cara Membaca dan Membuatnya; https://ilmuperpus.wordpress.com/2010/12/07/qr-code-sejarah-definisi-cara-membaca-dan-membuatnya/ ; diakses 3 Januari 2018

Rudi Mustapa; (2017); Belajar Sejarah dengan QR Code; http://guraru.org/guru-berbagi/belajar-sejarah-dengan-qr-code/ ; diakses tanggal 3 Januari 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.