PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RISET PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN

Heti Wahyuni, R. Bekti Kiswardianta, Wachidatul Linda Yuhanna

Abstract


Modul diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Anatomi Tumbuhan yang valid bagi mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitianadalah model Thiagarajan atau model 4-D terdiri empat tahap yaitu tahap pendefinisian(define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahappenyebaran (disseminate) yang dibatasi hanya sampai pada tahap ke-3. Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi modulpembelajaran. Desain modul merupakan hasil penelitian tentang pengaruh cekaman air dan cahaya tampak terhadap kerapatan stomata dan berat basah Ipomoea reptans Poir. dan studi literatur. Validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 90,91%, ahli media persentase skor sebesar 93,75% dan uji keterbacaan mahasiswa 85, 38 %. Kesimpulannya modul anatomi tumbuhan yang dikembangkan setelah divalidasi dan revisi dinyatakan  masuk kualifikasi  sangat baik dengan kriteria valid atau tidak revisi untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan mata Anatomi Tumbuhan untuk mahasiswa Universitas PGRI Madiun.


Full Text:

PDF

References


Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata

Mulyasa, E. 2003. Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurjanah, U. (2016). Pengembangan Modul Bioindikator Untuk Meningkatkan Capaian Kompetensi Mahasiswa Universitas Islam Jember. BIOSHELL, 5(1).

Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Thiagarajan, S & Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Expentional Children. Bloomington: Indiana University.

Wibowo P. H., Indrowati, M., Sugiharto, B. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Bentos pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret. Volume 5 Nomor 1:70-80

Winkel, W. 1991. Psikologi Pengajaran.Jakarta : Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.