PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA 2 SMAN 1 SAMPUNG

Elmodias Nedyarori Pangesti, Sri Utami

Abstract


Penelitian ini menerapkan media pembelajaran Flip Chart untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan kelas X IPA 2 SMAN 1 Sampung Kabupaten Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Media pembelajaran Flip Chart merupakan media pembelajaran papan balik yang berisi tentang materi pembelajaran dan gambar mengenai materi tersebut. Media pembelajaran Flip Chart mudah dipahami dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, data diperoleh dengan observasi dan tes berpikir kritis. Penelitian dilakukan 2 tahap yaitu, pra-siklus dan siklus I. Pada setiap siklusnya dilaksanakan 1 x45 menit. Hasil penelitian pada pra-siklus  masih menunjukkan nilai masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena berdasarkan hasil tes hanya 4 siswa  yang tuntas , dan berdasarkan hasil observasi hanya 2 siswa yang tuntas. Pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil tes dan observasi mengalami penngkatan, karena terdapat 17 siswa yang tuntas.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flip Chart, Kemampuan Berpikir Kritis

 


Full Text:

PDF(371-377)

References


Akatdianto, A. (2012). Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipa.

Dewi, S. K. (2010). Penerapan Flip Chart Dalam Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010(Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. UPI Press.

Lukitasari, M., Widiyanto, J., & Yahya, Y. M. (2016). Penggunaan Analisis Kritis Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan Siswa SMP. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 25-31.

Ma’mur, A. J. (2011). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Laksana Julianti.(2011). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Permainan Edukatif dalam Proses Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Bina Mulia Kecamatan Pontianak Tenggara. Skripsi. Pontianak: program studi PGSD Guru dalam Jabatan FKIP UNTAN Pontianak.

Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Munirah, M. (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 233-245.

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110-126.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).

Pedoman Penulisan Skripsi. (2018). Madiun:Universitas PGRI Madiun

Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan media pembelajaran di madrasah aliah negeri se-Jakarta Selatan. EDUSAINS, 6(1), 67-72.

Sidharta, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.

Sriyati, S., & Si, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.

Sofiatin, S., Azmi, N., & Roviati, E. (2016). Penerapan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (studi eksperimen kelas X MIPA di SMAN 1 Plumbon). Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 15-24.

Sudiantini, D., & Shinta, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Widayati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).

Ziliwu, D. (2019). Pembelajaran Biologi Dengan Metode Flip Chart. Warta Dharmawangsa, (59).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.