PENERAPAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP X DI PACITAN

Rika Ayunta Dwilian, Muh Waskito Ardhi, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP X di Pacitan pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan menggunakan scaffolding. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019 dengan tahapan prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Prasiklus untuk mengetahuai kemampuan awal siswa dengan menggunakan metode yang biasa digunakan yakni ceramah. Siklus 1 dan 2 menerapkan scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar melalui tes dari setiap siklus dengan selisih cukup besar pada prasiklus memperoleh rata-rata nilai pengetahuan 45,00, siklus 1 naik menjadi 62,00, dan siklus 2 naik menjadi 76,88. Nilai sikap dan keterampilan siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Sikap siswa pada prasiklus mempunyai rata-rata sebesar 60,16, siklus 1 naik mencapai 68,7, siklus 2  naik  mencapai 77,34. Rata-rata ketrampilan siswa pada prasiklus yaitu 60,94. Pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan, secara berturut-turut menjadi 69,53 dan 79,69. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, penerapan scaffolding dapat digunakan dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

 

Kata Kunci : Scaffolding, Hasil Belajar Siswa, pengetahuan, sikap, ketrampilan.

Full Text:

PDF(335-341)

References


Amiruddin, M., Prastowo, S. B., & Prihandono, T. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Scaffolding Konseptual dalam Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 39-45.

Budiningsih, C.A .2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, N. K., & Ardhi, M. W. (2017). The Analysis Of Science Processing In Biology Of X Grade Students Of Senior High School “Y” In Ponorogo Regency. Unnes Science Education Journal, 6(3).

Fatmawati, D. A., Nurmiyati, N., & Yustin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Design Berbantu Semi-Soft Scaffoldingterhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kingdom Animalia. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 229-235).

Fitri S.N., Subchan W & Prihatin J. (2015). Efektivitas Active Knowledge Sharing (AKS) dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1 (1) 1-8. Jember: Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP. Universitas Jember.

Indrawati, R. M. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2(1).

Mamin, R. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. CHEMICA, 9(2), 55-60.

Murni, D., Romlah, S., & Hodijah, N. (2016). Penerapan Blended Learning Berbasis Scaffolding Untuk Meningatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 11(1).

Rahmatiah, R., & Kusairi, S. (2017). Pengaruh scaffolding konseptual dalam pembelajaran group Investigation terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA dengan pengetahuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 45-54.

Roestiyah. 2012. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Setiawati, G. A. D. (2013). Pemanfaatan Subak dalam Pembelajaran IPA (Upaya Mewujudkan Pembelajaran IPA yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Prosiding Seminar Nasional MIPA. Denpasar: FMIPA. Universitas Mahasaraswati.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6 (2).

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, F. (2016). Strategi Scaffolding dalam Memperbaiki Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemampuan Spasial. JPPP│ Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 1(1), 76-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.