IDENTIFIKASI AVES DI CEMORO SEWU MAGETAN SEBAGAI BAHAN PENYUSUN MODUL BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Tisar Adi Saputra, Wachidatul Linda Yuhanna, Muh. Waskito Ardhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis Aves, mengetahui indeks keanekaragaman dan hasilnya dijadikan sebuah modul pembelajaran. Metode pada penelitian ini adalah observasi lapangan dengan menggunakan teknik point count. Identifikasi dilakukan untuk mengukur indeks keankearagaman aves di Cemoro Sewu dan hasil identifikasi akan dijadikan sebuah modul pembelajaran bagi siswa SMA kelas X materi keanekaragaman hayati. Hasil dari penelitian ini teridentifikasi 11 jenis spesies Aves dari 2 ordo, 7 famili. Kedua ordo tersebut adalah Passeriformes dan Columbiformes, sedangkan ketujuh famili tersebut adalah Turdidae, Passeridae, Pycnonotidae, Cettidae, Sylviidae dan Campephagidae. Perhitungan indeks keanekaragaman Shanon-wiener mendapatkan nilai 5,84 dan dikatakan tingkat keanekaragaman aves tinggi di wilayah Cemoro Sewu, Gunung Lawu. Hasil perhitungan validasi modul Keanekaragaman Aves di Gunung Lawu adalah 95,3% presentase tersebut menunjukkan modul tersebut memiliki kriteria “sangat baik”.

Kata Kunci :Identifikasi, Keanekaragaman, Aves, Modul

Full Text:

PDF(310-317)

References


Adelina, M., Harianto, S. P., & Nurcahyani, N. (2016). Keanekaragaman Jenis Burung Di Hutan Rakyat Pekon Kelungu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Sylva Lestari, 4(2), 51-60.

Adi Saputra, Bachtiar. (2016). Validitas Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pengamatan Burung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aves Kelas X. Bioedu, 5(1).

Astirin,O. P., Sugiyarto, S., & Nugraha, S. (2019). Studi Identifikasi Keanekaragaman Hayati Pada Habitat Jalak Lawu, Wilayah Lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan. Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan (Journal of Environmental Sustainability Management), 244-257.

Dewi, N. K. (2014). Keanekaragaman Jenis Dan Kemelimpahan Burung Di Sekitar Kampus IKIP PGRI MADIUN Sebagai Potensi Lokal Dan Sumber Belajar. Surabaya, Seminar Nasional Biodiversitas V.

Kosasih, R. S. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Metode Ceramah Pada Materi Keanekaragaman Hayati (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Kurniawan, N., Arifanto, A. (2017). Ornitologi: Sejarah, Biologi, dan Konservasi. Malang. UB Press.

Linggarjati, B. D., Dewi, N. K., Khasanah, U. N., & Yuliana, Y. (2014). Diversitas Jenis Dan Kemelimpahan Avifauna Di Sub Urban Kota Madiun Bagian Barat. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2).

MacKinnon, J. 2010. Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Bogor: LIPI dan BirdLife IP.

Nur, B. I. (2018). Identifikasi Hewan Kelas Aves Di Kawasan Hutan Gunung Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Pranoto, E. A. (2018). Identifikasi Burung Di Kepulauan Kai Maluku Tenggara Sebagai Sumber Belajar Biologi (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Rosadi, I. (2015). Analisis Vegetasi Tumbuhan Gunung Lawu Jalur Pendakian Cemoro Mencil Girimulyo Jogorogo Ngawi(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sambodo, G. H. (2018). Analisis Vegetasi Kawasan Hutan Cemoro Sewu Pada Petak 73 Bkph Lawu Selatan (Studi Di Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Septianu, E., Sudarmin, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Perubahan Zat Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing The Learning Materials Of Biotechnology Subject Based On Students’need And Character Of Nusantara Pgri University Of Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.