PENYUSUNAN MODUL MIKROBIOLOGI MELALUI RISET ISOLASI JAMUR PATOGEN PADA TANAMAN CENGKEH

Ninik Wahyu Sri Lestari, R. Bekti Kiswardianta, Pujiati Pujiati

Abstract


Mahasiswa belajar sains harus memperhatikan hakikatnya. Hakikat sains perlu dipelajari mahasiswa tujuannya agar dapat mengembangkan ketrampilan, kemampuan berfikir dan sikap ilmiah yang dimiliki. Kajian mikrobiologi merupakan pembahasan tentang mikroorganisme. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jamur patogen pada tanaman cengkeh. Penelitian yang dilakukan dilaboratorium Universitas PGRI Madiun pada bulan maret-mei 2019. Prosedur penelitian ini dengan cara ditumbuhkan pada media PDA, setelah jamur patogen tumbuh selanjutnya dilakukan pengkarakterisasian jamur patogen secara morfologi makroskopis dan mikroskopis. Hasil penelitian yang dilakukanpada bagian daun ditemukan jamur patogen Aspergillus  sp. dan bagian batang tanaman cengkeh ditemukan jamur patogen  Mucor sp. Setelah dilakukan karakterisasi maka hasil riset disusun sebagi modul yang dapat digunakan untuk sumber belajar mahasiswa. Modul mikrobiologi oleh dua validator ahli dengan hasil menunjukkan 71, 09 bahwa modul dapat digunakan di lapangan dengan kualifikasi sangat layak dan valid.

 

Kata kunci: Jamur patogen, Modul, Morfologi, Tanaman cengkeh

Full Text:

PDF(301-309)

References


Fidiastuti, H. R., dan Rozana, K. M. (2017). Developing modul of microbiology subject through bidegradation by using the potencial of indigen bacteria. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2).

Khoirudin, A. (2016). Geneologi Pemikiran Pendidikan dalam Sistem Perkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah 1961-2015 (Doctoral dissertation, Tesis, UIN Sunan Kalijaa Yogyakarta).

Mufarrohah, M. (2017). Isolasi dan Identifikasi Karakterisasi Jamur Patogen Umbi Talas (Colocasia esculenta (L.) Schoot). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Biologi, 3(3).

Muhadjir, Effendy. (2018). 2018 Tahun Pembenahan Pendidikan: (online), (http://m.bisnis.com/kabar24/read/20 180130/255/732280/mendikbud-2018-tahun-pembenahan-pendidikan, diunduh 10 Juli 2019).

Paramita, P. I., Sugihartini, N., Darmawiguna , I. G. M., & Wirawan, I. M .A. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Scientific Pada Mata Pelajaran Tenik Animasi 2 Dimensi Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja.Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 4(5).

Pratondo, B. S., Pujiati, P., & Ardhi, M. W. (2018, December). Penyusunan Modul Bioteknologi SMA Berbasis Riset Uji Potensi Enzim Selulase dari Kapang Trichoderma viride dalam Mendegradasi Bahan Selulosa. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 3).

Pujiati, P., Kiswardianta, R. B., & Solikati, W. (2014). Pengaruh Konsentrasi Dan Lama Inkubasi Terhadap Aktivitas enzim Selulase Dari kapang Aspergillus niger. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(1), 19-24.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul: Artikel, (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/file s/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf, diunduh 11 Juni 2018).

Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013).Penegembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2), 245-253.

Puspitasari, D., Wibowo, A., Rahayu, S., Prihatini, I., & Rimbawanto, A. (2016). Karakter morfologi isolate Phlebiopsial sp. 1 jamur pengendali hayati yang potensial untuk Ganoderma philippii. Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, 10(1), 51-61

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S.(2011). Model-model Pembelajaran Inovatif.Bandung; Alfabeta.

Timban, J. F. (2018). Sistem IJON pada Usahatani Cengkeh di Desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Bara Kabupaten Minahasa Selatan. AGRI-SOSIOEKONOMI, 14(1), 175-186.

Yusuf, M. (2014).Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi Pertama). Jakarta; Kencana.

Zunaidah, F., N., & Amin, M. (2016).Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.