PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 1 SAWAHAN KABUPATEN MADIUN

Munawaroh Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Sistem Organisasi Kehidupan  kelas VII SMP 1 Sawahan Kabupaten Madiun. Dengan jumlah 20 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflection) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi Afektif dan Psikomotorik sedangkan pada kognitif menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Hasil menunjukan masing-masing ranah dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 mengalami peningkatan yaitu, Kognitif, Psikomotorik, dan Afektif. Pada ranah kognitif terjadi ketuntasan belajar sebesar 80%. Peningkatan ranah psikomotorik terdiri dari observasi 28,7%, mengelompokan 35,0%, mengkomunikasikan 28,8%. Pada ranah afektif yaitu teliti 32,2%, jujur 32,2% dan bertanggungjawab 25,5%. Hasil menunjukan bahwa penggunaan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dapat meningkatkan ranah Kognitif, Psikomotorik, dan Afektif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru untuk menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Keywords: Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF(218-224)

References


Adinugraha. Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Mata Kuliah Sitematika Hewan. Jurnal Pro-life Vol (5) 3 November 2018.

Dumon, Hanna, David. 2012. The Nature Of Learning : Usingresearch to ins pire practice. Pratitioner Guide From Centre for Educational research and Innovation Article. OECD Publishing.

Henikusniati. 2015. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia SMK Negeri 3 Mataram. BIOTA.VOL. VIII. No 1 Juni 2015:37-42 Mataram : IAIN Mataram.

Higgins, Peter, Robbie Nicol, Simon Beames, Beth Christie & Roger Serutton. 2010. Education and Culture Committe Outdoor Learning. Learningand Teaching Scotland p. 6 University of Edinburgh.

Marianti, Aditya dan E.K. Nugroho, 2005. Jelajah Alam Sekitar Jurusan (JAS). Makalah dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran Jurusan Biologi FMIPA UNNES dalam Rangka pelaksanaan PHK A2. Semarang: Biologi FMIPA UNNES.

Naf’anudiniyah, Raksun Ahmad & Mertha I Gde. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Kependidikan 12 (2):171-177. Mataram : LPPM IKIP Mataram.

Rahmayanti. Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok. Jurnal SAP Vol. 1 (2) Desember 2016.

Samitra D, Mareta Widiya, Nurwita Dwi Rahmasari 2016. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas X sma negeri5 lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4 (2); 8-13.

Santika Am, Desak Nyoman Budiningsih, Comelins Sri Murdo Yuwono. 2017. Pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) berbasis pelestarian jalak bali terhadap kepedulian lingkungan dan hasil peta kognitif siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan. 7 (1): 55-66.

Simatwa, Enose M.W. 2010. Piagets theory of intellcetual development and itsimplication for instructional management at presecondary school level. Academic Journals. Educational Research and Reviews Vol. 5 No.7. Juli 2010: 366-371.

Sudarmin, Savitri. 2016. Penerapan Pendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) Pada Mata Kuliah Konservasi Dan Keearifan Lokal Untuk Menanamkan Softskill Konservasi Pada Mahasiswa IPA Unnes. USEJ 5 (1) 2016.

Sulistyarsi. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Membuat Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Cermo 01 Kare Madiun. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 2 (01),2016.

Utami, Lukitasari, Indria. Pengembangan LKS Berbasis Inquiry Pada Materi Jaringan Tumbuhan Melalui Identifikasi Derivat Epidermis Ordo Malvales Dan Poales Di Kawasan Lereng Gunung Wilis Madiun. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III, Madiun, 15 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.