PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMP KELAS VIII MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Khoirul Huda, Cicilia Novi Primiani, Marheny Lukitasari

Abstract


Penelitian pengembangan bertujuan untuk mendesain Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP kelas VIII materi Sistem Ekskresi Manusia. Metode penelitian adalah Research and Development dari Thiagarajan. Soal-soal HOTS digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penerapan dalam pembelajaran dilakukan pada 6 siswa kelas VIII-D pada uji coba kelas kecil dan siswa kelas VIII-F pada uji coba kelas terbatas. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan presentase 94%. Hasil angket respon siswa pada uji kelas kecil diperoleh rata-rata 3,28 dengan kriteria tinggi dan angket respon siswa pada uji kelas terbatas diperoleh hasil dengan rata-rata 3,33 dengan kriteria tinggi. Peningkatan High Order Thinking Skills (HOTS) diukur menggunakan uji-t dan diperoleh  sebesar 1,884 dan  1,697. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14% dengan ketuntasan 100%. Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis literasi sains menggunakan soal-soal tipe C4, C5 dan C6 mampu meningkatkan High Order Thinking skills (HOTS) siswa.

 

Kata Kunci : High Order Thinking skills (HOTS), Literasi Sains, Lembar Kerja Siswa (LKS).

Full Text:

PDF(197-207)

References


Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Herawati, R., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151-159.

Hidayat, W. (2012, June). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 275-288.

Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan Penilaian High Order Thinking Skills, Teori dan Inspirasi Pembelajaran untuk Era Revolusi Industri 4.0. Surabaya: CV. Pustaka MediaGuru.

Kawuwung, F. (2012). Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMP Kabupaten Minahasa Utara. el–Hayah, 1(4).

Lukitasari, M., Handhika, J., & Murtafiah, W. (2018, March). Higher order thinking skills: using e-portfolio in project-based learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012047). IOP Publishing.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146.

Rochmawati, E. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk SMA Kelas X Pada Materi Fungi. BioEdu, 2(1), 48-51.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Rosnawati, R. (2009). Enam tahapan aktivitas Dalam pembelajaran matematika untuk mendayagunakan berpikir tingkat tinggi siswa. In Jurnal disampaikan dalam seminar Nasional dengan tema:“Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam Rangka penguasaan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susanti, M., Rusilowati, A., & Susanto, H. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains bertema listrik dalam kehidupan untuk kelas IX. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(3).

Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.