PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DIORAMA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS X SMAN 1 JIWAN

Rizky Dewi Ramadani, Joko Widiyanto, Pujiati Pujiati

Abstract


This study aims to study the application of group investigation learning models through diorama media in the matter of pollution and environmental preservation as a means of supporting class X students of SMAN 1 Jiwan. The study was conducted on class X MIPA2 students. In the planning of learning this research was carried out in 2 cycles that had cycles, namely: (1) planning, (2) implementation of actions, (3) monitoring, (4) reflection. The results of the study showed that in the cycle of 35% of 31 students who completed the KKM, in the first cycle there was an increase in students who completed the KKM score of 45%, while in the second cycle an increase in the number of students who received a complete KKM score of 100%. It is possible to get rid of group investigation learning through the media of dioramas with 2 cycles which have succeeded in improving student learning achievement on biology subjects in the matter of pollution and environmental preservation.

Keyword :  Group investigation, student achievement, Diorama.

Full Text:

PDF(137-144)

References


Amalia, Miftah Devi dkk.(2017). Pengembangan media diorama pada pembelajaran tematik terintegrasi tema idahnya negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Universitas PGRI semarang

Anggraini, Lela dkk (2010). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Volume 4. No. 1

Arsyad, Azhar (2011). media pembelajaran. Rajawali pers. jakarta

Darajati, Pintanti (2016). pengembangan media diorama lingkungan (dolan) sebagai media pembelajaran ips kelas III SD tahunan. Universitas negeri Yogyakarta

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Fathurohman, Muhammad. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Hanafy.Muh sain.(2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN alaudin. Lentera pendidikan. Vol 17 No. 1. Makasar.

Hermawati, Lisa dkk.(2014). Upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar akuntansi dengan strategi pembelajaran arias terintegrasi dengan pembelajaran aktif learning tournament pada siswa kelas X AK 2 SMKN 3 Surakarta Tahun ajaran 2013/2014. Surakarta

Hikmah, Nurul. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 SAMARINDA ULU. Universitas Widyagama Mahakam. Jurnal Pendas Mahakam. Vol.1 (1).80-85

Indrawati, Rini Meita. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Universitas Negeri Semarang. Journal Of Elementary Educatio 2 (1).

Irnaningtyas. (2013). Biologi. Penerbit Erlangga. Jakarta

Maisaroh & Rostieningsih.(2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Qui Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1. Bogor: Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 8

Mufitah.(2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia Antara Keinginan Dan Realita.UIN Alaudin Makassar.Vol 2 No 2.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada (GP) Press.

Setyawan, Bayu Dwi Dkk. (2016). Kontribusi Kemampuan Memori Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Mia Sma Negeri 1 Baturetno Wonogiri Tahun Pelajaran 20152016. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 5 No. 3 Hal. 18-26

Suyanto.(2007). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo, Masmedia Buana

Slameto, (2013).belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ed, Rev. Cet 6 Jakarta. Rineka Cipta

Suyono & Hariyanto, (2014).Belajar dan pembelajaran. Bandung. PT remaja rosdakarya

Sadiman, Arief S. dkk (2014). Media pendidikan : pegertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta. Rajawali pers

Sutirman, (2013).Media dan model-model pembelajaran inovatif.Yogyakarta. Graha Ilmu

Viardatiwi, Dyestia Avarini (2015). Analisis Kemampuan Memori Dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika Pada Siswa MAN 2 Madiun. Program Studi Pendidikan Fisika. IKIP PGRI MADIUN

Wasmana.(2016). Metode Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia

Weranti, Selly Effa. (2017). Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Mapel Ips Kelas 3 Sd Negeri Balong Bowo. Journal Of Information Computer Technologi Education, (1). 1, 32-42


Refbacks

  • There are currently no refbacks.