PENGARUH DAUN KELOR (Moringa Oliferal) TERHADAP BAKTERI E. coli UNTUK PENYUSUNAN BUKU PENGAYAAN

Leny Dayana Sari, Cicilia Novi Primiani, Bekti Kiswardianta

Abstract


Taman kelor (moringa olifera) adalah salah satu jenis tumbuhan tropis yang bias ditemukan daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman kelor disebut juga pohon seribu kasihat karena memiliki banyak kahasiat yang dibutuhkan untuk kesehatan. Daun kelor dapat menghambat pertumbuhan bakteri strebovis dan ercherichia coli penyebab penyakit mastitis. Tujuan penelitian ini untuk hasil uji bakteri daun kelor (moringa olifera)  terhadap bakteri ercherchia coli dan untuk menyusun buku pengayaan yang sudah diujikan untuk penambahan pengetahuan. Analisis data ini menggunakan one way anova dengan menganalisis ini akan terlihat hasil yang ada pada penelitian ini. Pada variasi simipilisia terlihat zona bening dari pada pada perasan daun kelor, karena pada tahap perasan kemungkinan terjadi perbedaan. Penelitian ini melihat zona hambat dari pengaruh daun kelor terhadap bakteri E.coli yang ditandai dengan membentung zona bening. Zona hambat pada penelitian ini terlihat pada perasan daun kelor yang membening sangat jelas zona beningnya dari pada simpilisia daun kelor dan amoxcilin daun kelor. Metode TPC bisa di lihat dari banyaknya koloni yang ada pada media peneliti yang membuktikan bahwa bakteri E coli dan daun kelor bisa menyatu atau tidak tolak belakang. Pada metode TPC yang terlihat jelas banyak koloni nya adalah amoxcilin dari pada perasan daun kelor dan simpilisia daun kelor.

 

Kata Kunci: Kelor (Moringa Olifera), Bakteri Ercherchia Coli

Full Text:

PDF (98-102)

References


Aditya Nugraha. 2013. Bioaktivitas (Moriga olifer) terhadap Erchericia coli penyebab Kolibasilosis pada babi. UDAYA. Denpasar.

Clancey, W.J. (1979). Transfer of Rule-Based Expertise through a Tutorial Dialogue. PhD Dissertation, Department of Computer Science, Stanford University.

Lay, B. W. 1994. Analisis Mikroba di laboratorium Edisi 1. Raja Grafindo persada, Jakarta.

Vandeppite., J.Engbaek. K., Rohmar. P., Pint., P Heuck. C.G 2005. Prosedur Dasar dan untuk Bioteknologis Klinis. Edisi 2 Buku Kedokteran EGC. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.