KELESTARIAN SUMBER DAYA LAHAN DI KABUPATEN JEMBER DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Sarwo Danuji, Dwi Nur Rikhmasari

Abstract


Peranan sumber daya lahan sangat vital dalam penyediaan bahan pangan, sehingga dalam jangka panjang kelestarian sumber daya lahan adalah hal yang harus di jaga untuk menunjang program ketahanan pangan pada suatu negara. Tujuan artikel ilmiah ini adalah melaporkan data  tentang kondisi sumber daya tanah terkini khususnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam  pengumpulan data adalah survei deskriptif dan pendekatan analisis data sekunder. Secara keseluruhan dapat dilaporkan bahwa terjadi penurunan kualitas maupun kuantitas sumber daya tanah. Beberapa fakta khusus tentang penurunan kualitas kelestarian sumber daya tanah di kabupaten Jember adalah menurunnya fungsi ekologis tanah akibat: penambangan batu gamping, penambangan gumuk, dan perubahan alih fungsi lahan pertanian sawah. Hal yang dapat direkomendasikan dari laporan data ini adalah usaha konservasi yang lebih nyata untuk melindungi kelestarian sumber daya lahan kabupaten Jember.

 

Kata kunci : kelestarian Sumber Daya Lahan, ketahanan pangan, konservasi


Full Text:

PDF(30-39)

References


Achmad, A. 2011. Ekosistem Hutan Bukit Kapur. Briliant Internasional. Surabaya.

Bappeda Jatim, 2013. Potensi Kabupaten Jember. http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/ wp-content/uploads/potensi-kab-kota-2013/kab-jember-2013.pdf

BPS Kabupaten Jember. 2017. Kabupaten Jember dalam Angka. Penerbit: BPS Kabupaten Jember.

Fauziah, I.C.S., 2017. Tinjauan Yuridis Kebijakan Pemerintah Kabupaten Jember Terhadap Eksploitasi Gumuk. MIMBAR YUSTITIA. Vol. 1 No.2 Desember 2017. p(166 – 184).

Firdaus, M., Paramu, H., Suherman, dan Jusuf, C. 2009. Penentuan Komoditas Pertanian Unggulan di Kabupaten Jember. JSEP. vol 3. no.1, p(33-39).

Firdaus, M. dan Suherman. 2016. Sentra Hortikultura Lahan Sawah di Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Ristekdikti.

KOMINFO JATIM. 2011. Jember Berpotensi Jadi Kawasan Industri Agraris. http://kominfo. jatimprov.go.id/read/kiprah-daerah/694.

Muzayyanah, F. 2018. Perancangan Agrowisata Tanaman Qur’ani di Kabupaten Jember dengan Pendekatan Arsitektur Tropis. Tugas Akhir. Univesitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Pratiwi, E.F. 2014. Karakteristik Fisik Tanah Pada Beberapa Penggunaan Lahan Di Tanah Latosol Darmaga Dan Podsolik Jasinga. Skripsi. Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rahmasari, I. 2013. Potensi Kerusakan Lahan Karst di Gunung Sadeng Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Swara Bhumi e-Journal Pendidikan Geografi FIS Unesa. Vol 2, No 3.

Rizaldi, A. 2013. Konservasi Tanah dan Air Tanah Latosol. Makalah. Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Simalungun. Pematang Siantar.

Rizani, A. 2017. Analisis Potensi Ekonomi Di Sektor Dan Subsektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 15, No. 2, p(137-156).

Sulistiarto, B. 2010. Studi Tentang Identifikasi Longsor Dengan Menggunakan Citra Landsat dan Aster (Studi Kasus Kabupaten Jember). Thesis. Program Studi Teknik Geomatika. Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sunartomo, A.F. 2015. Alih Fungsi Lahan Pertanian dan Kebutuhan Pangan di Kabupaten Jember. JESP vol. 8 no. 2, p(47 – 58).

Sunartomo, A.F. 2015. Perkembangan Konversi lahan Pertanian di Kabupaten Jember. Agroekonomika. Vol. 4, no. 1, p(22-36).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.