PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIFSMA NEGERI 8 BANJARMASIN

Mahdalena Mahdalena, Ria Mayasari

Abstract


Keterampilan metakognitif dikalangan siswa masih rendah, hal ini disebabkan oleh pola pembelajaran di sekolah masih kurang mendukung dalam mengembangkan keterampilan metakognitif. Proses pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Akibatnya hasil pembelajaran biologi siswa masih belum mencapai KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin. Sampelpenelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secarasimple random sampling. Model Problem Based Learning sebagai variabel bebas, keterampilan metakognitif sebagai variabel terikat. Data dilakukan melalui tes keterampilan metakognitif berupa tes essay. Selanjutnya menggunakan rubrik untuk pengukuran hasil keterampilan metakognitif. Data dianalisis menggunakan anava satu  jalur dengan program SPSS for windows 21. Hasil uji hipotesis pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognitif diperoleh nilai Fhitung sebesar 42,030.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ha : µ1> µ2,artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran biologi secara signifikan.

 

Kata kunci : problem based learning;keterampilan metakognitif.


Full Text:

PDF(24-29)

References


Arifah, Murni. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) TerhadapKeterampilanMetakognitifSiswa Pada MateriHidrolisis Garam. Skripsitidakditerbitkan. Jakarta: Program PascasarjanaFakultasIlmuTarbiyah Dan KeguruanUinSyarifHidayatullah.

Danial, M. 2010. Pengaruh Strategi PBL Terhadap Metakognisi dan Respon Mahasiswa. Diakses 7 Juni 2018. Jurnal Chemica. 11(2), Hlm. 1-10.

Fitri, Noor & Ramdiah, Siti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Xi SMA Negeri Kota Banjarmasin. Diakses 29 Juni 2018. Jurnal Pendidikan Hayati. 3(4), Hlm 125-135.

Fitriyani, Riski&Aloysius Duran Corebima, Ibrohim. 2015. PengaruhStrategiPembelajaranProblem Based Learning dan InkuiriTerbimbingTerhadapKeterampilanMetakognitif,BerpikirKritis, dan Hasil BelajarKognitifSiswa SMA. (online)http://journal.um.ac.id/index.php/jps. JurnalPendiidkanSains. 3(4), Hlm 186-200.

Livingston, J. A. 1997. Metacognition: An Overview. (online) http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.hmtl.Diakses 20 Februari 2018.

Marzano, R.I. et al. 1988. Dimension of Thinking A Framework for CurriculumandInstruction. http://www. Co.ilstu.edu/sciebed/lorsbach 1257 lscy/.html. Diakses 20 Februari 2018.

Sa’adah, Siti Lailatus. 2015. Pengaruh Model PembelajaranProblem Based LearningTerhadapKeterampilanMetakognisi, BerpikirKritis, Dan ArgumentasiIlmiahSiswa Kelas VIII SMP PawiyatanDaha 2 Kediri MateriSistemPernapasan Manusia.http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.06.0081.pdf.Diakses 20 Februari 2018.

Sanjaya, Wina. 2010. StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Cet. 9.

Sari, NilaPuspita, Budijanto. Ach. Amiruddin. 2017. PengaruhPenerapan Model PembelajaranProblem Based LearningDipaduNumbered Heads TogetherTerhadapKeterampilanMetakognitif Dan KemampuanBerpikirKritisGeografiSiswa SMA. (online) http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. Diakses 7 juni 2018,Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (3), Hlm 440-447.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.