Analisis User Interface dan Redesign Aplikasi Igracias Mobile Menggunakan Pendekatan Design Thinking

Zurna Falias Azar, Rizki Yudho Miranti, Muhammad Eka Purbaya, Lina Fatimah Lishobrina

Abstract


Dalam revolusi industri, perkembangan teknologi memberikan beberapa pengaruh positif dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan saat ini sangatlah berkembang pesat dan cepat. Kebutuhan mahasiswa akan aplikasi pendukung perkuliahan merupakan sebuah kebutuhan yang muncul dalam kehidupan mahasiswa. IGRACIAS merupakan salah satu media yang menerapkan pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan di kampus. Aplikasi ini merupakan aplikasi penunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa-mahasiswi di kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi, respon terkait desain baru, dan perencanaan terkait penambahan beberapa fitur pada aplikasi IGRACIAS. Pengujian variabel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode design thinking dan 8 golden rules yang melibatkan sebanyak 24 partisipan yang terdiri dari civitas akademik yang berasal dari mahasiswa yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan juga berasal dari dosen yang mengajar. Hasil dari penelitian dan pengujian variabel menunjukkan kalkulasi SUS sebesar 66,46.

Keywords


8 golden rules; design thinking; education; redesign; user interface analysis

Full Text:

PDF

References


G. Karnawan, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 10–17, 2020.

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 130–143, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.

M. Wahyuni Inderawati and R. Sukwadi, “Perbaikan Desain User Interface Aplikasi Mobile MyAtma,” Semin. Nas. APTIKOM, pp. 241–249, 2019.

A. E. Zahra, A. Zaidiah, and I. N. Isnainiyah, “Redesign Aplikasi Gravote Dengan Metode Design Thinking,” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. September, pp. 401–410, 2021.

C. B. Susila, “Analisis User Interface Pada Website Stainu Pacitan Menggunakan Metode Eight Golden Rules,” J. Chem. Inf. Model., vol. 10, no. 1, p. 26, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/qua/article/view/916

L. Y. Yauw, Ahyar Muawwal, and Arfan Yunus, “Analisis Usability Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sclean Menggunakan Metode Human Centered Design,” KHARISMA Tech, vol. 16, no. 2, pp. 169–182, 2021, doi: 10.55645/kharismatech.v16i2.136.

M. R. Arfianto, “Analisis Desain User Interface pada Aplikasi Pencari Parkir Mobil,” Desainpedia J. Urban Des. Lifestyle Behav., vol. 1, no. 1, pp. 29–33, 2022, doi: 10.36262/dpj.v1i1.589.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604