Literasi Branding Dan Packaging Kelompok UMKM Desa Sidorejo Dusun Kopen

Dimas Setiawan, Hani Atun Mumtahana, Bayu Saputra

Abstract


Desa Sidorejo, Dusun Kopen, Saradan, merupakan sebuah desa yang berkembang dan memiliki beberapa penduduk yang berprofesi sebagai pelaku usaha mikro kelas menengah. Banyak pelaku usaha yang hanya mengandalkan aktivitas jual beli produk jadi tanpa mempertimbangkan aspek branding dan packaging. Dalam rangka peningkatan kualitas produk yang dimiliki kelompok pelaku UMKM di Dusun kopen maka dilakukan pelatihan mengenai branding & packaging yang mana dari hasil pelatihan tersebut dapat menambah wawasan dan literasi bagi pelaku umkm untuk lebih peduli terkait branding dan packaging dari produk yang dimiliki. Peningkatan literasi yang dilakukan tim abdimas yang dilaksanakan dengan metode diskusi terbuka, dan metode PALS mendapatkan respon positif dimana pihak perwakilan untuk kedepannya diharapkan adanya mekanisme pendampingan lebih lanjut agar setiap produk UMKM yang ada di dusun kopen dapat memiliki branding dan packaging yang baik


Keywords


Branding; Desa Sidoreojo; Dusun Kopen; Packaging

Full Text:

PDF

References


D. Waqfin, M. S. I., “Strategi Branding untuk membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa Bandarkedungmulyo Jombang.,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2021.

D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.25273/research.v3i1.4728.

N. Widyamurti, H. Muttaqin, S. H. Yudhanto, A. R. Wicaksono, and L. Gilang, “TINJAUAN KEMASAN PRODUK UMKM PADA DESTINATION BRANDING KOTA SOLO,” J. Dimens. DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 7, no. 1, pp. 71–92.

W. Isnaini, “Pelatihan Pengutan Brand Serta Penggunaan Digital Marketing Bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun,” J. Pengabdi. dan Pengemb. Masy., vol. 2, no. 2, p. 305, 2019, doi: 10.22146/jp2m.49046.

S. Komunikasi, “Pendampingan Branding UMKM Ikan Salai Melalui Program Belajar Bekerja Terpadu Dosen dan Mahasiswa,” Sinergi Komun., vol. 1, no. 2, pp. 58–66, 2021.

W. T. Hastiningsih, A. A. Sari, J. Junaedi, and I. Prastowo, “Pendampingan Re-Branding Umkm Gitar Sebagai Bentuk Peningkatan Kinerja Pemasaran,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 131–139, 2021, doi: 10.46576/rjpkm.v2i1.939.

D. Setiawan, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS - Repository UNIPMA,” Unipma Press, 2021. http://eprint.unipma.ac.id/153/ (accessed Feb. 02, 2022).

K. Halimah, “Edukasi penerapan Digital Branding untuk

Peningkatan Ekonomi UMKM Makaroni di Tanjung Senang, bandang Lampung,” J-Abdi, vol. 1, no. 10, pp. 2859–2866, 2022.

S. F. Rezky, R. Hamdani, D. Suherdi, K. Erwansyah, E. F. Ginting, and P. B. N. Simangunsong, “Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri,” Abdimas Iptek, vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2021, doi: 10.53513/abdi.v1i1.3381.

S. R. Dewi, S. Sriyono, and S. Sumartik, “Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 95–101, 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i1.5267.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604