Analisis Kepuasan Penggunaan eLMA Sebagai Media Pembelajaran Daring

Noordin Asnawi

Abstract


e-LMA (e-Learning UNIPMA) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh UNIPMA dengan tujuan untuk digunakan sebagai sistem atau media pembelajaran daring yang biasa disebut sebagai e-learning. Aplikasi tersebut dikembangkan dengan menggunakan layanan LMS (Learning Management Systems) yang berbasis pada aplikasi Moodle. Aplikasi e-LMA masih tergolong aplikasi yang baru digunakan, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan salah satu kriteria yang ada pada tool USE Questionnaire yaitu Satisfaction (kepuasan), dengan menyebarkan angket kepada responden. Dari tool tersebut dapat dijadikan pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner sebanyak 7 pertanyaan dari kriteria satisfaction. Responden yang digunakan ialah dosen dari program studi Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun. Hasil angket dilakukan pengukuran dengan menggunakan skala likert (Likert Scale). Dalam penelitian ini menggunakan empat (4) skala untuk mempertegas pilihan penilaian, supaya tidak muncul pilihan jawaban yang berada di tengah-tengah (netral/sedang/cukup/ragu-ragu).  Dari hasil pengukuran tingkat kepuasan, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-LMA yang digunakan untuk e-learning di UNIPMA memiliki nilai kepuasan yang baik dari pengguna.

Keywords


e-LMA; satisfaction; LMS; likert scale

Full Text:

PDF

References


“The LMS Guidebook: Learning Management Systems Demystified - Steve Foreman - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?id=a_NADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=learning+management+systems&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjbjonh3qftAhVEX30KHRiiAXsQ6AEwAXoECAYQAg#v=onepage&q=learning management systems&f=false (accessed Dec. 16, 2020).

Y. Kats, Learning management system technologies and software solutions for online teaching: Tools and applications. IGI Global, 2010.

S. S. Hilabi and . P., “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN APLIKASI MEDIA SOSIAL WhatsApp MOBILE ONLINE,” Buana Ilmu, vol. 3, no. 1, pp. 119–136, 2018, doi: 10.36805/bi.v3i1.461.

B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 25–43, 2019.

A. Saputra and D. Kurniadi, “Satisfaction Analysis of E-Campus Information System Users in IAIN Bukittinggi Using the EUCS Method,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 58–66, 2019.

C. D. Rubin Jeffrey, “Handbook of Usability.” p. 335, 2008.

A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001.

H. N. Boone, J. Associate Professor, and D. A. Boone Associate Professor, “Number 2 Article Number 2TOT2,” 2012. Accessed: Dec. 16, 2020. [Online]. Available: http://www.joe.org/joe/2012april/tt2p.shtml[8/20/20129:07:48AM].

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, p. 17, Apr. 2018, doi: 10.25273/research.v1i1.2451.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

R. Junaidi and F. Susanti, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd BalPitriyani, Halim, A., & Hasibuan, D. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pegadaian Persero Ca,” pp. 1–13, 2019.

U. Rahardja, N. Lutfiani, and M. S. Alpansuri, “Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.or.id,” Sisfotenika, vol. 8, no. 2, p. 128, 2018, doi: 10.30700/jst.v8i2.401.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604