Analisis Kesiapan Sekolah Dasar Di Kota Madiun Pada Proses Pembelajaran Daring

Hani Atun Mumtahana, Hendra Erik Rudyanto, Ridho Pamungkas, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pandemi  Covid-19 telah melumpuhkan beberapa sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan. Peralihan metode pengajaran dari LURING dengan tatap muka menjadi DARING menjadi salah satu permasalahan bagi setiap instansi pendidikan, pengajar, siswa dan orang tua siswa. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan yaitu menggunakan LMS sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menajemen pembelajaran secara DARING. Berdasarkan hasil analisa penyebaran kuesioner dari 33 SD Negeri/Swasta di Kota Madiun diperoleh 75 orang guru masih menggunakan WA Grup dan baru 9 orang guru yang menggunakan LMS. Selain itu fasilitas pembelajaran dengan menggunakan LMS sudah diterapkan pada beberapa sekolah, namun belum dapat dioptimalkan. Hal ini perlu adanya dukungan pemahaman tentang Literasi Digital bagi Guru dan Siswa. Adapuan kendala yang paling besar dialami dalam proses pembelajaran DARING ketersediaan LMS dalam pembelajaran hanya 24%, pemahaman dan penguasaan guru  tentang penguasaan IT sebesar 12% dan siswa sebesar 10% dan 7%. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian rekomendasi untuk manajemen pembelajaran dengan menggunakan LMS dalam bentuk arsitektur jaringan.

Keywords


Daring; Kota Madiun; Learning Management System; Literasi Digital; Luring;

Full Text:

PDF

References


N. Hidayat and H. Khotimah, “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran,” JPPGuseda | J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 10–15, 2019.

K. B. Dinata, “Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring,” Eksponen, vol. 11, no. 1, pp. 20–27, 2021.

Ferdiansyah;, Ambiyar;, M. M. Zagoto, and I. E. D. Putra, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik,” J. Pendidikan, Bhs. dan Seni, vol. 21, no. 1, pp. 63–72, 2020.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020.

N. Mardiana and A. Faqih, “Pemanfaatan Learning Management System Dalam Proses Pembelajaran Matematika Diskrit,” J. Edukasi dan Sains Mat., vol. 5, no. 1, p. 16, 2019.

N. K. Suni Astini, “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 241–255, 2020.

S. Setiawansyah, H. Sulistiani, and V. H. Saputra, “Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 89–95, 2020.

M. H. Assidiqi and W. Sumarni, “Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 298–303, 2020.

M. Isman, “Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring),” Progress. Fun Educ. Semin., pp. 586–588, 2017.

M. T. Yanti, E. Kuntarto, and A. R. Kurniawan, “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Adi Widya J. Pendidik. dasar, vol. 10, no. 1, pp. 61–68, 2020.

A. Aldiab, H. Chowdhury, A. Kootsookos, F. Alam, and H. Allhibi, “Utilization of Learning Management Systems (LMSs) in higher education system: A case review for Saudi Arabia,” Energy Procedia, vol. 160, no. 2018, pp. 731–737, 2019.

P. Gilsert, Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub, 1997.

D. S. Nahdi and M. G. Jatisunda, “Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 2, pp. 116–123, 2020.

S. S. Pohan and Suparman, “Perspektif Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar,” J. Ilmu-Ilmu Sejarah, Sos. Budaya dan Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 164–178, 2020.

Kominfo, “Status Literasi Digital Indonesia 2020 : Hasil Survei di 34 Provinsi,” pp. 1–61, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604