Pendampingan Pembuatan Hand Sanitizer Ekstrak Bunga Kamboja Putih (Plumeria Alba) Di SMP Negeri 2 Maospati

Nasrul Rofiah Hidayati, Sri Wahyuningsih, R. Bekti Kiswardianta

Abstract


Hand sanitizer (antiseptik tangan) adalah produk kesehatan yang secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan secara praktis kapan saja dan dimana saja. Pembuatan produk hand sanitizer dari bahan herbal (alami) dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur dan alat yang mudah serta dengan biaya yang terjangkau. Salah satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk bahan pembuatan hand sanitizer karena mengandung minyak atsiri yang digunakan untuk membunuh kuman sekaligus sebagai aroma adalah bunga kamboja (Plumeria Alba ). Bunga kamboja banyak tumbuh subur di sekitar lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Maospati. Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu untuk menyikapi situasi ini, dengan cara memproduksi sediaan hand sanitizer dengan memanfaatkan tanaman lokal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan pembuatan hand sanitizer dengan memanfaatkan potensi lokal di lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah serta masyarakat sekitar utamanya dalam menyongsong kegiatan belajar mengajar di era new normal. Metode yang digunakan berupa pendampingan pembuatan produk hand sanitizer bunga kamboja (Plumeria Alba). Hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman peserta tentang pembuatan hand sanitizer dari bunga kamboja beserta fungsinya serta adanya kemampuan dalam memproduksi hand sanitizer ekstrak bunga kamboja secara mandiri oleh pihak sekolah.


Keywords


Hand sanitizer, bunga kamboja, potensi lokal, SMPN 2 Maospati

Full Text:

PDF

References


Y. Hidayattullah, M. F., Nishom, M., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Hapsari, “Hand Sanitizer Otomatis Untuk Pencegahan Persebaran Pandemi Covid-19 Di Kota Tegal,” J. Penelit. Dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 8, no. 1, pp. 107–110, 2021.

dkk Sari, Retno, “Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih ( Piper Betle Linn.),” Majalah Farmasi Indonesia, pp. 163 – 169, 2006.

Fahruzi, “Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandei Melalui Pembuatan Hand Sanitizer dengan Antiseptik Alami,” 2020.

L. F. A. N. A. A. Wakhid Muhlisin Hidayat, Muhamad Aziz, “Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Dasar Lidah Buaya Sebagai Upaya Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Masa Pandemi Covid-19,” 2020.

A. Diana, “Pengaruh Desiminasi Dokter Kecil Tentang Penggunaan Hand Sanitizer Gel dan Spray Terhadap Penurunan Angka Kuman Tangan Siswa SDN Demakijo Gamping Sleman,” Sleman, Yogyakarta, 2012.

D. N. Hapsari, “Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle Linn) Sebagai Hand Sanitizer.,” 2015.

R. . Criley, College of Tropical Agriculture and Human Resources, no. October. Honolulu, Hawai: University of Hawai at Manoa, 1989.

D. G. W. Gilman, E.F., “Plumeria alba White Frangipani. Fact Sheet ST-490. Environmental Horticulture Department, Florida Cooperative Extension Service, Institute of Food and Agricultural Sciences,” 1994.

et. al Lu, “Green-Synthesized Gold Nanoparticles From Plumeria Alba Flower Extract To Augment Catalytic Degradation Of Organic Dyes And Inhibit Bacterial Growth., R. Mata Et Al. / Particuology,” 2015.

L. S. Wrasiati, L.P., I.A. A. Triastuti, “Antioxidant Activity and Quality Characteristics of Frangipani Tea Produced at Different Drying Temperature,” Lap. Penelit. Hibah DIPA, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604