Pendampingan Pembuatan Video Profil Kelompok Peternak Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Hasil Penjualan Olahan Susu Sapi

Yudha Adi Kusuma, Alim Citra Aria Bima

Abstract


Vidio profil memiliki peran sebagai media promosi. Kemampuan dalam membuat vidio profil diperlukan oleh kelompok peternak sapi perah. Kelompok peternak Nedyo Rahayu selama hanya mengandalkan hasil foto sebagai media promosi. Hal tersebut kurang efektif karena kurang mengedukasi pembeli. Program pendampingan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota kelompok peternak Nedyo Rahayu dalam pembuatan vidio profil. Hasil t-test menunjukan nilai t-value (5,31) > t-hitung (2,201) dan P-value = 0,000 < 0,005 sehingga proses pendampingan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan angta kelompok. Proses pembuatan vidio pada pendampingan kelompok dibagi kedalam 3 tahapan yaitu sebelum produksi, produksi dan setelah produksi.

Keywords


Kelompok Nedyo Rahayu; Media Promosi; t-Test; Vidio Profil

Full Text:

PDF

References


K. Ulfa and J. W. Sugihardjo, “Model Penguatan Kelompok Dalam Meningkatkan Usaha Ternak Sapi Perah (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Ternak Makmur Desa Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali),” J. Ilmu dan Teknol. Peternak. …, vol. 6, no. 2, pp. 59–70, 2020.

A. Amam et al., “Usaha Ternak Sapi Perah di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tirtasari Kresna Gemilang: Identifikasi Sumber Daya dan Kajian Aspek Kerentanan,” J. Ilmu Peternak. dan Vet. Trop. (Journal Trop. Anim. Vet. Sci., vol. 10, no. 1, pp. 77–85, 2020.

B. Gunawan and . N., “IbM Kelompok Peternak Sapi Perah Dl Bendul Merisi Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya,” J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 2, no. 2, pp. 7–14, 2017.

S. H. Purnomo, A. I. Sari, and M. A. Haris, “Analisis Pemasaran Susu Segar Sapi Perah di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah,” Mimb. AGRIBISNIS J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 7, no. 1, pp. 898–910, 2021.

A. I. Sari, S. H. Purnomo, S. Emawati, E. T. Rahayu, B. S. Hertanto, and M. A. Haris, “Efisiensi Pemasaran Melalui Minimasi Jalur Distribusi Susu Segar Sapi Perah Di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali,” Caraka Tani J. Sustain. Agric., vol. 32, no. 1, p. 42, 2018.

A. Widyakto and E. T. Widyarti, “Strategi Pemasaran Digital Peternakan Pada Produk Susu Perah Sapi (Studi Kasus : CV Langgeng Tani Makmur),” Solusi J. Ilm. Bid. Ilmu Ekon. Vol., vol. 19, no. 2, pp. 128–140, 2021.

A. K. Garside and I. Amallynda, “Pendampingan dalam Implementasi Strategi Pemasaran Produk Olahan Susu Sapi,” J. SOLMA, vol. 9, no. 2, pp. 323–334, 2020.

A. G. S. P. Hartin and E. B. Santoso, “Analisa Nilai Tambah Produk Olahan Susu di Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, 2020.

F. Kusumo and Sulartopo, “Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 12, no. 1, pp. 33–41, 2019.

T. . A. Akbar and A. Munandar, “Perancangan Video Profil Prodi S-1 Teknik Informatika Universitas Ubudiyah Indonesia Sebagai Media Informasi Dan Promosi Berbasis Visual Effect,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 4, no. 2, p. 57, 2019.

Z. Apriliani, U. Hasanah, and A. S. Anas, “Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2019.

O. Lumasuge, A. P. Tindi, and N. Sinsu, “Pelatihan Pembuatan Video Profil Berbasis Multimedia Untuk Pemerintah Kampung Kuma1 Kecamatan Tabukan Tengah,” Tatengkorang, vol. 4, no. 1, pp. 21–26, 2020.

W. Nugroho and S. Hudoyo, “Video Dokumenter Profil Cerita Kopi dari Gintung Sebagai Media Promosi Rintisan Desa Wisata dalam Usaha Menangkap Peluang Pasar Melalui Situs Youtube,” in Prosiding: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat, 2018, vol. 3, pp. 9–17.

F. Alfiyan, “Pembuatan Video Profil Desa Wisata Untuk Sarana Publikasi di Pokdarwis Gombengsari - Banyuwangi,” J. Abdimastek (Pengabdian Masy. Berbas. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2021.

E. B. Sembiring and T. W. Hastuti, “Company Profile KPKNL Batam dalam Bentuk Video,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 4, no. 2, pp. 43–54, 2020.

H. Dharmawan, A. Saleh, and K. B. Seminar, “Pengaruh Bentuk Visual dan Durasi Video Youtube Kawasan Rumah Pangan Lestari terhadap Pengetahuan Petani,” J. Pengkaj. dan Pengemb. Teknol. Pertan., vol. 24, no. 1, pp. 37–46, 2021.

R. D. Saputri, Muhfiatun, and L. Syarifah, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kali Biru dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat,” Apl. J. Apl. Ilmu-ilmu Agama, vol. 21, no. 2, pp. 89–98, 2021.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2014.

H. Effendy, Mari Membuat Film. Jakarta: Erlangga, 2009.

E. Astriyani, A. Lukmana, and A. Irawan, “Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi di PT. Surya toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang,” Cices, vol. 2, no. 2, pp. 204–215, 2016.

N. Rimayanti, A. Yulianti, B. Nasution, and E. E. Lubis, “Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 84–95, 2019.

A. Rachman, Dasar-Dasar Penyiaran. Pekanbaru: CV. Witra Irzani, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604