Pengaruh BIT Converter Calculator Berbasis Mobile Learning Pada Matakuliah Rangkaian Digital

Ina Sunaryantiningsih

Abstract


Pembelajaran dengan bantuan perangkat smartphone atau biasa disebut pembelajaran berbasis mobile learning merupakan pemelajran yang bersifat inovatif dan menyenangkan. Sistem bilangan yang di dalamnya terdapat materi binary digit pada matakuliah rangkaian digital biasanya di konversi dengan cara manual. Penelitian ini bertujuanmengetahui pengaruh media kalkulator konversi binarydigit. Metode yang digunakan yaitu penelitian ekperimen semu atau quansi. Dengan hasil yang menunjukan bahwa respon mahasiswa terhadap penggunan media mobile learning dengan aplikasi bit converter calculator dengan rata-rata skor 84.75% dan dapat dikatagorikan sangat baik. Hasil respon mahasiswa untuk keseluruhan aspek pada lembar angket juga menunjukkan sangat baik, sehingga app bit converter calculator bisa digunakan dan dikategorikan pada pembelajaran rangkaian digital sub bab bilangan binary.


Keywords


bit converter; mobile learning; quansi eksperimen; rangkaian digital

Full Text:

PDF

References


M. Ibrahim, M. Nur, and A. Kasdi, “Dasar-dasar proses belajar mengajar.” Surabaya: Unesa University Press, 2010.

M. Nazar, Z. Zulfadli, A. Oktarina, and K. Puspita, “Pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 8, no. 1, pp. 39–54, 2020.

N. Ahmad, M. W. Boota, and A. H. Masoom, “Smart phone application evaluation with usability testing approach,” J. Softw. Eng. Appl., vol. 7, no. 12, p. 1045, 2014.

B. Warsita, “Mobile learning sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif,” J. Teknodik, pp. 62–73, 2010.

H. M. Musfiqon, “Pengembangan media dan sumber pembelajaran,” Jakarta PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.

D. Daryanto, “Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran,” Gava Media, 2013.

D. Darmawati, “Improving Speaking Skill Through Mobile-Assisted Language Learning (MALL),” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2018.

R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 116–126, 2019.

N. Imansari and I. Sunaryantiningsih, “Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 11–16, 2017.

M. S. Dewy, G. S. Ganefri, and I. Kusumaningrum, “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Elektronika Daya,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 15–28, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604