Pelatihan Diversifikasi Produk Jamu Dan Digital Marketing Desa Karangrejo Kabupaten Magetan

Cicilia Novi Primiani, Pujiati Pujiati, Mohammad Arfi Setiawan

Abstract


Jamu sebagai salah satu produk unggulan banyak dikonsumsi masyarakat. Industri jamu banyak dikembangkan sebagai home industry dengan pengelolaan secara mandiri. Desa Karangrejo Kabupeten Magetan merupakan salah satu desa home industry jamu dengan sistem pengelolaan secara tradisional. Proses pembuatan jamu dilakukan secara manual menggunakan proses perebusan dan penumbukan. Proses pemasaran dilakukan secara manual dengan jangkauan pasar terbatas. Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatkan perekonomian home industry jamu melalui pelatihan diversifikasi dan  pemasaran secara digital (digital marketing) produk jamu. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan pelatihan. Sasaran kegiatan pengabdian adalah ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok jamu. Hasil kegiatan pengabdian telah dicapai bahwa peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan jamu serbuk (jamu instan), pengemasan, dan digital marketing. Diversifikasi produk jamu dibuat dalam bentuk jamu serbuk dengan berbagai kemasan serta pemasaran secara online menunjukkan adanya peningkatan perekonomian home industry  jamu sebesar 50%.


Keywords


Digital Marketing; Diversifikasi; Jamu

Full Text:

PDF

References


Astutik, R. M. (2017). SEHAT DAN CANTIK PEREMPUAN MADURA (Kajian Etnomedisin tentang Jamu dan Spa Madura di Kabupaten Bangkalan Madura sebagai Upaya Pemeliharaan Kesehatan) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Kunaedi, A., Sulastri, L., Milhah, M. Z., & Ramdhani, A. S. (2021). Peningkatan Kesehatan Warga Leuwimunding Majalengka di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Edukasi Manfaat Jamu Godog. Community Empowerment, 6(4), 619-624.

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465-471.

Ahwan, A., Musta'an, M. A., & Suwarni, A. (2021). Penyuluhan Pembuatan Jamu Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas Masyarakat di Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Abdi Implementasi Pancasila, 1(1), 1-62.

Imron, A. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM Jamu Mak Astuti Sewaka Pemalang. Economy and Bussiness, 1(2), 1-13.

Purwanto, N. (2021). Mengangkat Potensi Jamu Tradisional sebagai Alternatif Usaha di Era Digital. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 138-141.

Anisah, G., & Fahman, M. (2020). PELATIHAN USAHA PRODUKSI JAMU TRADISIONAL DI BIDANG PENGEMASAN, LABELISASI, DAN DIGITAL MARKETING. AL-UMRON: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 10-18.

Sofiati, S., & Anggraeni, I. S. K. (2021). Strategi Memikat Dan Mempertahankan Pelanggan Melalui Digital Marketing Dan Aplikasi Keuangan Fintech Warung Jamu Tradisional Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 3(1).

Krisnaningsih, D., Maika, R., Maretha, E. V., & Faiza, N. I. (2021). PENINGKATAN KAPASITAS PENJUALAN DAN PRODUKSI UMKM JAMU HERBAL ASRIFOOD, CARANGWULUNG, WONOSALAM, JOMBANG, JAWA TIMUR. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 3(1), 30-37.

Yulia, Y. A., Octaviani, A., & Utomo, A. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Untuk Mengangkat Produk Toga Melalui Digital Marketing Dan Pengemasan Di Desa Sumber Bulu Karanganyar. WASANA NYATA, 5(1), 69-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604