Forensik Metadata Foto Sebagai Alat Bukti Digital

Andria Andria, Saifulloh Saifulloh

Abstract


Forensik metadata foto merupakan suatu upaya pendekatan ilmiah dalam menemukan, mengidentifikasi beragam informasi yang terkandung pada sebuah foto.  Perkembangan teknologi fotografi dan aplikasi editing foto tentu dapat memudahkan dalam melakukan manipulasi pada sebuah foto, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi adanya insiden siber yang memanfaatkan media foto untuk menyebarkan berita bohong maupun kejahatan dunia maya lainnya yang dapat merugikan suatu pihak. Metadata merupakan informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menemukan, menjelaskan serta menjadikan suatu informasi tersebut menjadi mudah untuk ditemukan kembali. Sedangkan forensik digital merupakan salah satu cabang ilmu forensik, terutama untuk penyelidikan dan penemuan konten perangkat digital yang dapat dijadikan sebagai alat bukti dalam menemukan dan mengumpulkan barang bukti dalam suatu kejahatan siber. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan forensik digital terhadap suatu foto dengan menggunakan Exiftool yang merupakan salah satu alat analisis forensik yang dapat digunakan untuk menampilkan metadata dari sebuah foto, sehingga dari informasi yang didapatkan bisa dijadikan sebagai alat bukti apabila diperlukan dalam suatu persidangan.

Keywords


Digital; Exiftool; Forensik; Metadata

Full Text:

PDF

References


Kominfo, “Penanganan Sebaran Isu Hoaks Covid-19 Minggu (18/04/2021),” Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2018. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33952/penanganan-sebaran-isu-hoaks-covid-19-minggu-18042021/0/infografis.

Andria dan S. Nita, “FORENSIK DIGITAL SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB,” J. Ahli Muda Indones., vol. 2, 2021, [Online]. Available: https://journal.akb.ac.id/index.php/jami/article/view/73.

I. Riadi, S. Sunardi, and S. Sahiruddin, “Analisis Forensik Recovery pada Smartphone Android Menggunakan Metode National Institute Of Justice (NIJ),” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 87–95, 2019.

B. S. dan Y. P. M. Subli, “METADATA FORENSIK UNTUK MENDUKUNG PROSES INVESTIGASI DIGITAL,” J. Ilm. DASI, vol. 18, pp. 44-50, 2017.

R. U. dan A. F. A. I. Putra, “ANALISIS FORENSIK DETEKSI KEASLIAN METADATA VIDEO MENGGUNAKAN EXIFTOOL,” ”, Semin. Nas. Inform., 2018.

Https://exiftool.org/, “Exiftool.” .

C. dan D. Y. M.R. Al-Fajri, “Analisis Image Forensic Dalam Mendeteksi Rekayasa File Image Dengan Metode Nist,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, 2021.

A. Y. dan W. Y. S. I. Riadi, “DETEKSI PEMALSUAN FOTO DIGITAL MENGGUNAKAN IMAGE FORENSICS,” J. Mob. Forensics, vol. 1, 2019.

I. Riadi, R. Umar, and I. M. Nasrulloh, “Analisis Forensik Digital Pada Frozen Solid State Drive Dengan Metode National Institute of Justice (Nij),” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 70–82, 2018.

W. A. Andria;Ningrum and I. Mubarok, “PENGUJIAN KEAMANAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB,” Pros. SNAST, pp. 66–74, 2021.

Termux, “Termux on Google Play Store,” Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.termux.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604